Tanya Dokter

  • Sakit di tapak kaki kalau berjalan

  •  Sunarti Wirya
    Anggota

    Selamat siang dokter....Tapak tumit kaki belakang saya .kadang sakit kalau berjalan...apalagi menginjak sesuatu yg keras, saya tekan2 pada tempat yg sakit semakin terasa sakit, kalau tidak ditekan ya ngga sakit, ditumit tapak kaki tersebut terdapat spt kapalan, diameter  2 cm...sy coba searching di google penyakit apa ..sakit spt itu disebut plantar Facitiis, pertanyaan saya :

    -bisa disembuhkan ngga sakit tsb.

    -obat atau terapy apa yg dapat menghilangkan rasa sakit tsb.

    terimakasih atas perhatian dan jawaban dokter.

     

    Halo Sunarti,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Plantar fasciitis adalah inflamasi yang terjadi pada plantar fascia. Plantar fascia merupakan sekelompok jaringan padat dan kuat (ligamen) yang berada di sepanjang telapak kaki dan menghubungkan tulang jari-jari kaki ke tulang tumit.

     

    Gejala utama plantar fasciitis adalah rasa sakit pada telapak kaki di dekat tumit. Indikasi ini bisa terjadi pada salah satu kaki atau keduanya secara bersamaan.

    Sensasi sakit cenderung berpusat pada satu titik dan biasa terasa paling sakit ketika Anda pertama kali melangkah setelah bangun pagi. Di samping itu, plantar fasciitis juga bisa dipicu akibat terlalu lama berdiri, saat bangun dari posisi duduk, atau setelah berjinjit.

    Sebagian besar pengidap plantar fasciitis menjalani masa penyembuhan yang cukup lama, yaitu sekitar beberapa bulan hingga satu tahun. Berikut ini adalah sejumlah langkah pengobatan yang umumnya dianjurkan oleh dokter.

    ·         Membiarkan kaki Anda beristirahat, misalnya menghindari olahraga lari.

    ·         Memilih sepatu yang pas dan empuk sehingga nyaman digunakan.

    ·         Jangan mengenakan sepatu yang sudah rusak, khususnya sepatu olahraga.

    ·         Melakukan peregangan ringan pada tendon Achilles dan plantar fascia untuk mengurangi rasa sakit.

    ·         Meredakan sakit. Langkah ini dapat dilakukan melalui konsumsi obat-obatan misalnya paracetamol atau ibuprofen, atau menggunakan kompres dingin.

    ·         Beberapa jenis terapi, seperti terapi fisik atau penggunaan penyangga kaki serta alat bantu.

    ·         Suntikan steroid pada tendon.

    ·         Extracorporeal shock wave therapy (ESWT), yaitu penggunaan gelombang suara untuk menangani plantar fasciitis kronis.

    ·         Operasi. Langkah ini merupakan pilihan terakhir dalam menangani plantar fasciitis.

     Namun Sakit yang Anda rasakan dapat disebabkan kemungkinan lain seperti mata ikan atau disebut dengan klavus atau osteoartritis. Untuk memastikannya Anda dapat memeriksakan diri Anda langsung ke dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar