Tanya Dokter

  • sakit di bagian perut kiri bawah saat menstruasi

  •  Ruri Octavia
    Anggota

    siang dok, saya mau tanya kenapa saat menstruasi pd saat ini beda dr yg sebelumnya, dan sakitnya nyeri dibagian kiri bawah dok, itu mengapa? dan apa itu wajar?

    Hai, Nyeri perut saat menstruasi dapat tidak berhubungan dengan kondisi medis tertentu. Biasanya nyeri perut saat menstruasi terjadi karena meningkatnya aktivitas hormon prostaglandin yang dihasilkan oleh rahim. Namun perlu diketahui penyebab lain timbulnya nyeri saat menstruasi, misalnya:

    Kompres hangat pada perut bawah, dan obat pereda nyeri seperti parasetamol dapat diberikan sementara untuk mengurangi nyeri yang timbul. Batasi konsumsi kafein, alkohol, dan tidak merokok. Lebih baik konsumsi makanan dengan porsi kecil dan frekuensi lebih sering. Lakukan olahraga rutin, dan miliki berat badan yang ideal. Jika rasa nyeri masih terus dirasakan, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti tes darah, USG, atau pap smear, dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya dan penanganan yang tepat akan diberikan sesuai penyebab dasarnya.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto