Tanya Dokter

  • Nyeri perut kiri hingga ke pinggang sebelah kiri

  • Halo dokter, Saya Vina usia 26thn. Dari awal tahun 2016 lalu, saya suka mengalami keram dibagian perut kiri saya tepatnya dibagian tulang rusuk kiri paling bawah dan sampai pinggang. Terkadang jika sakitnya parah, bisa mengakibatkan keram sampai kebagian paha. Terkadang kalau hanya perih, saya masih bisa tahan namun dlm posisi duduk ataupun tiduran, perihnya tetap terasa apalagi jika posisi jongkok. Apakah hal itu mengartikan saya terkena sakit ginjal atau bagaimana yah dok?

    Halo,

     

    Nyeri perut kiri bisa disebabkan karena berbagai faktor seperti :

    1. Infeksi ginjal.
    2. Radang usus.
    3. Dispepsia.
    4. Gangguan saluran reproduksi.
    5. tumor usus.
    6. Kista ginjal.
    7. Kanker lambung.

    Tentu saja untuk mendapatkan secara pasti penyebab nyeri yang sudah cukup lama Anda alami ini hanya bisa dilakukan dengan memeriksakan diri Anda ke dokter dan melakukan tes medis seperti USG, Rontgen, tes darah, Endoskopi dan CT SCAN bila perlu. Dengan pemeriksaan yang baik maka dokter dan Anda sendiri dapat mengetahui penyebab nyeri tersebut dan memberikan penanganan yang sesuai untuk kondisi Anda.

    Membiarkan rasa nyeri tanpa ada penanganan khusus bisa saja menimbulkan perburukan penyakit atau komplikasi lain.

    Pada saat nyeri timbul Anda bisa saja melakukan kompres hangat, meminum obat pereda nyeri, dan menempelkan koyo, namun tindakan ini tidak akan memberikan hasil yang baik tanpa terlebih dahulu memahami penyeban dari keluhan Anda.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi