Tanya Dokter

  • Nyeri dada kiri seperti tertekan

  •  wira hadi
    Anggota

    Siang dok,.sudah 5 hari ini saya merasakan nyeri didada kiri apalagi sedang duduk seperti tertekan dan agak berasa panas,dan semalam saya tidak bisa tidur karena keringat dingin dan lemas,apakah ini penyakit jantung?dan tindakan apa yang tepat untuk saat ini?tolong penjelasanya dok....trims

    wira hadi  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Nyeri dada merupakan suatu keluhan dengan kemungkinan penyebab yang cukup luas. Beberapa gangguan yang dapat menyebabkan nyeri dada al :

    • Masalah pada Kulit dada : herpes zoster / dompo/ cacar ular
    • Masalah pada dinding rongga dada :trauma, kostokondritis, fibromialgia, spasme otot / 'tegang otot' , dsb
    • Gangguan saraf : radikulopati
    • Masalah pada selaput paru dan jantung : pleuritis dan perikarditis
    • Masalah pada saluran cerna : GERD / alir balik asam lambung ke kerongkongan
    • Masalah jantung : penyakit jantung koroner (PJK)
    Khusus untuk PJK / penyempitan pembuluh darah merupakan penyakit yang berpotensi berbahaya dan dapat menyebabkan serangan dan henti jantung mendadak. Rasanya nyeri biasanya pada dada kiri atau dibelakang tulang dada, tumpul / tidak dapat ditunjuk dengan pasti lokasinya dengan jari (biasanya lokasi nyeri diganbarkan dengan telapak / kepalan tangan), rasa nyeri seperti ditindih, ditekan, diremas, panas, dan dapat menjalar ke punggung, dagu dan bahu kiri serta lengan kiri sisi dalam (kelingking). Masalahnya, seringkali gejala yang muncul tidak khas sehingga sulit dipastikan. Pada kasus seperti anda, intinya jangan dianggap remeh. Sebaiknya periksakan diri ke dokter, untuk menjalani wawancara medis (termasuk mencari faktor resiko seperti usia, riwayat merokok, alkoholik, riwayat keluarga dsb) dan pemeriksaan fisik lebih detil. Uumnya akan diperlukan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan EKG dan foto rontgen dada merupakan pemeriksaan awal dan standar untuk kasus semacam ini. Tergantung dari temuan yang didapatkan, bisa saja dilakukan pemeriksaan lanjutan slainnya. penanganan tetnunya dilakukan sesuai dengan penyebab / kecurigaan penyebab nyeri tersebut. Jiak perlu anda dapat saja dirujuk ke dokter spesialis untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut, dokter spesialis apa, tergantung dari kecurigaan penyebabnya. informasi lebih jauh dapat anda baca di : nyeri dada demikiany ang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.