Tanya Dokter

  • Sakit pada lutut setelah naik turun tangga dan jongkok

  •  sumina
    Anggota
    pagi dok saya mau bertanya lutut saya sakit saat turun tangga dan jongkok agak ketat sprt ada sesuatu ketarik dan pd saat berdiri hrs memegang sesuatu sbg bantuan, apakah itu termasuk kurangnya asulan kalsium ato gejala asam urat dok, umur sy 45thn,thks atas jawaban dokter

     Halo Sumina,terimakasih telah bertanya di alodokter. Keluhan anda dengan nyeri di lutut setelah beraktivitas seperti naik turun tangga,sangat umum dialami oleh berbagai kalangan usia,biasnaya penyebab juga disesuaikan dengan usia. Sebelumnya perlu ditanyakan,apakah anda pernah mengalami trauma sebelumnya? riwayat atlit/olahragawan? riwayat penyakti sebelumnya?
    Sendi lutut adalah jaringan terdiri dari tulang rawan/cartilage,cairan sendi dan beberapa penopang lain seperti ligamen dan tendon. Fungsinya adalah menopang beban tubuh serta sebagai "shock breaker" di bagian lutut. Ketika terjadi beban yang ebrlebihan seperti obesitas,pengeroposan tulang,ataupun penyakit asam urat dan radang sendi,sasaran utama yang mengalami gejala nyeri adalah lutut.
    Beberapa penyebab nyeri lutut adalah:
    1. Paska trauma
    2. Osteoarthritis,rheumatoid arthritis (radang sendi)
    3. Osteoporosis (pengeroposan sendi)
    4. Obesitas
    5. Cedera pada struktur lunak seperti ligamen,tendon
    Penanganan yang dapat dilakukan sementara untuk mengurangi nyeri adalah:
    1. Mengompres dengan kompres hangat
    2. Minum pereda nyeri sementara (hati-hati riwayat alergi)
    3. Membatasi aktifitas yang memberikan bebab berlebihan di lutut
    4. Menjaga berat badan agar stabil
    5. Segera berkonsultasi ke dokter penyakit dalam/orthopaedi sesuai dengan penyebab, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti XRAY,Ct scan,MRI,ataupun pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar asam urat,dan pemeriksaan bone density.
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen