Tanya Dokter

  • mata bengkak setelah minum obat sakit gigi

  •  fb-finnas
    Anggota

    dok gigi saya berlubang.. kemudian sakit setelah ke dokter cuma di kasih obat tp udah habis tapi mata saya jadi bengkak obat nya apa biar tidak bengkak mata saya

    fb-finnas  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Finna, Bengkak pada mata sangat banyak penyebabnya. Apakah sebelumnya Anda sudah pernah mengkonsumsi obat yang sama dengan obat dari dokter gigi? Jika mata bengkak terjadi setelah Anda minum obat, ada kemungkinan Anda mengalami alergi obat. Alergi obat bisa menyebabkan beragam gejala dari yang ringan hingga berat seperti gatal pada kulit, kulit berbentol, mulut dan mata bengkak, bengkak di seluruh badan, sesak napas, kesadaran menurun, tekanan darah menurun, syok, dll. Alergi obat akan membaik jika konsumsi obat dihentikan. Untuk alergi yang ringan pada umumnya bisa membaik dengan antihistamin dan kortikosteroid. Sedangkan jika alerginya berat, diperlukan penanganan khusus dengan adrenalin, epinefrin, cairan, dll. Dalam hal ini harus dipastikan dahulu penyebab mata bengkak Anda karena mata bengkak tidak hanya disebabkan karena alergi saja. Mata bengkak juga bisa disebabkan karena hal lain seperti kurang tidur, usia tua, ptosis, trauma / cedera, kalazion, bintitan, blefaritis, sengatan serangga, dll. Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi mata Anda untuk mengetahui penyebab mata bengkak sehingga selanjutnya dokter bisa memberikan Anda penanganan yang tepat. penanganan yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebab mata bengkak dan kondisi Anda. Sementara itu, hindari mengucek mata dan hindari menggunakan obat tetes mata tanpa anjuran dokter. Catat nama obat dan beritahukan ke dokter yang memeriksa Anda. Berikut artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda: Mata bengkak Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y