Tanya Dokter

  • Solusi atasi pendarahan pada gigi berlubang

  • Malam dokter saya sudah lama sekali menahan sakit gigi ini sudah hampir satu tahun, berbagai macam obat sudah saya konsumsi tapi tak kunjung sembuh, hingga sampai sekarang gigi saya sudah berlubang besar, dan tiap malam nya selalu berdarah, itu kenapa ya dok... Dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut, terimakasi..

    Hai,

    Gigi berlubang merupakan salah satu tanda dari gigi yang tidak sehat. Jika bakteri, sisa makanan yang tertinggal, air liur, dan asam dalam mulut bergabung menjadi satu, maka akan lebih mudah menimbulkan plak. Asam pada plak dapat merusak enamel yang berfungsi sebagai pelindung gigi, sehingga gigi menjadi berlubang.

    Sakit gigi berlubang dapat diatasi sesuai dengan tingkat keparahannya

    • jika lubang pada gigi masih pada tahap awal atau masih sangat kecil, maka fluoride dapat digunakan untuk memulihkan enamel gigi
    • memberikan tambalan pada gigi
    • untuk pembusukan gigi yang lebih parah atau gigi rapuh, dapat diberikan crown, untuk menggantikan crown (mahkota) alami gigi
    • perawatan saluran akar dilakukan jika pembusukan sudah mencapai bagian dalam gigi (pulpa) atau saraf sudah mati
    • jika pembusukan gigi sudah parah, dan gigi sudah tidak dapat diperbaiki, maka akan dilakukan tindakan cabut gigi

    Untuk meredakan rasa nyeri, dapat diberikan obat seperti parasetamol, ibuprofen.

    Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Sikat gigi secara rutin. Obat kumur dapat digunakan untuk membantu menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut. 

    Disarankan agar Anda periksa ke dokter gigi. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi gigi, dan segera diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi hasil pemeriksaan.

    Halaman berikut membahas Penanganan sakit gigi berlubang

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica