Tanya Dokter

  • Solusi atasi sakit gigi

  • Halo dok, saya mengalami gigi berlubang. Dan sudah besar lubang nya. Hanya menyisakan kerangka luar gigi. Pernah di tambal 3 thn lalu dan sekarang sudah lepas tambalannya. Saya sibuk kuliah sehingga tidak sempat kontrol. Setelah tambalan lepas saya sering mengalami gusi bengkak. Dan sekarang gigi saya sakit dan pipi saya bengkak. Saya sudah minum obat ibuprofen 400 mg dan amoxicillin 500 mg. Dan ibuprofen tidak mempan untuk saya selama 2 hari pemakaian. Baru hari ke 3 ibuprofen mempan untuk menghilangkan sakit gigi saya. Apakah boleh jika saya minta untuk di cabut saja gigi yang berlubang agar tidak kambuh terus menerus dok ? Dan sekarang ibuprofen sudah tidak terlalu mempan untuk saya. Terimakasih

    Hai Dian,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Lubang kecil pada gigi (karies) jika tidak ditangani dengan baik bisa menjadi besar hingga hanya menyisakan patahan atau akar gigi saja. Karenanya, bagian terdalam gigi yang mengandung banyak serabut syaraf dan pembuluh darah tidak lagi terlindungi oleh mahkota gigi. Akibatnya, infeksi gigi bisa menyebar, baik ke area sekitarnya (seperti gusi, rahang, kelenjar ludah), maupun ke organ yang jauh (seperti otak, jantung, atau ginjal).

    Bengkak di gusi dan pipi yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh radang pada gusi, atau disebut juga dengan gingivitis. Peradangan ini, selain membuat gusi menjadi bengkak, bisa juga menyebabkan rasa nyeri, gusi berdarah, atau gigi menjadi goyang. Tidak jarang, jika peradangannya cukup hebat, penderita pun akan mengalami demam dan nyeri kepala. 

    Selama fokus infeksinya (dalam hal ini gigi berlubangnya) tidak ditangani dengan baik, entah itu dengan penambalan permanen atau pencabutan, maka nyeri dan infeksi akan terus berulang. Karenanya, sebaiknya Anda sempatkan di sela kesibukan Anda untuk memeriksakan langsung keluhan Anda ke dokter gigi. Keputusan untuk mencabut atau menambal gigi yang berlubang sebaiknya didiskusikan langsung dengan dokter gigi setelah pemeriksaan secara langsung. Selain itu, dokter pun umumnya akan memberikan juga beberapa pengobatan seperti antibiotik dan antinyeri untuk mengurangi nyeri dan peradangan yang Anda alami saat ini.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda jaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dan berkumur menggunakan obat kumur antiseptik secara teratur 3x sehari. Hindari kebiasaan menusuk-nusuk gigi, misalnya untuk membersihkan sisa makanan karena bisa membuat lubang semakin dalam. Selain itu, jika tidak didahului pemeriksaan dokter sebelumnya, sebaiknya hindari mengkonsumsi obat (selain obat bebas) sembarangan. Anda bisa meredakan bengkak dan nyeri sementara dengan obat paracetamol.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah