Tanya Dokter

  • sakit gigi berkelanjutan

  •  jessy dominie
    Anggota

    Malam dok, sya perempuan 31 thn sudah hampir lebih 3 minggu merasakan sakit gigi di geraham atas sebelah kanan. Seminggu pertama sblmnya saya ke dokter gigi. Pd saat dicek dokter blm melakukan tindakan shg sy diberi obat penghilang nyeri, antibiotik. Lalu 3 haru kemudian sy dtg kembali atas anjuran dokter. Lalu hsl pemeriksaan dikatakan sy gusi bengkak. Shg dilakukan kuret di gusi dan karang dibersihkan dinsekitaran graham atas kanan yg sakit. Lalu diberikan obat kumur dan obat yg sama sblm tindakan. Ternyata gigi sy masih saja sakit stelah tindakan. Dan setiap sakit muka dan mata saya bengkak setiap bgn tidur dan konsumsi obat ini. Lalu sy berpindah dokter ke dental care. Pd saat dicek dokter info bhw gigi sy tidak berlobang, tidak ada gigi tumbuh. Namun dilakukan scalling gigi secara keseluruhan, dgn pembersihan karang gigi keseluruhan. Dan sy diberikan obat kumur saja. Namun sehari setelah tindakan gigi sya ttp sakit sudah hampir seminggu hingga saat ini. Sbg informasi setiap sakit, hidung saya sebelah kanan jg sakit dan mengleurkan lendir sm sperti flu, sekitaran mata kanan sakit, sakit kpala seblah kanan atas dan sakit sebelah kanan samping di atas telinga kanan. Dan tdk bs membuka mulut lebar2. Total sudah sakit hampir 4 minggu..mohon bantuannya dok..apa yg terjadi pd gigi saya dan bagaimana penangangan seharusnya..

    Hai Jessy, Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada sinus atau rongga disekitar hidung. Peradangan ini pada umumnya terjadi akibat penjalaran dari peradangan rongga hidung. Akan tetapi, infeksi dari rongga mulut, terutama pada gigi di rahang atas, menjadi salah satu faktor predisposisi timbulnya sinusitis maksilaris. Keluhan yang Anda rasakan, kemungkinan dapat disebabkan oleh karena peradangan yang terjadi pada sinus maksilaris, atau dapat disebut sinusitis maksilaris. Sinusitis maksilaris, menimbulkan gejala seperti sinusitis pada umumnya:

    • Nyeri pada daerah sekitar hidung, pada sinusitis maksilaris, letaknya di area samping hidung dan bawah mata
    • Hidung mengeluarkan lendir dan berbau
    • Hidung terasa tersumbat
    • Sakit kepala
    • Dapat disertai dengan gejala peradangan lain seperti demam
    Pengobatan sinusitis Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan dapat merujuk Anda kepada dokter ahli THT yang lebih kompeten dalam menangani masalah ini. Dokter mungkin akan menyarankan Anda melakukan foto rontgen sinus paranasal untuk mencari kemungkinan adanya peradangan pada sinus. Untuk mengurangi keluhan Anda, berikut yang dapat dilakukan:
    • Berkumur dengan larutan kumur antiseptik
    • Menjaga kebersihan rongga mulut
    • Mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol
    • Istirahat cukup dan minum air putih dalam jumlah cukup
    Penanganan sinusitis bisa dilakukan dirumah Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha

    jessy dominie  jessy dominie
    Anggota

    Dok..namun keluhan yg saya alami didominasi dari gigi geraham atas seblah kanan..setiap sakit berasa berdenyut.. dan setengah kanan wajah saya dari sekitaran mata, hidung samping hingga trsumbat ada cairan sma seperti jika pilek dan nyeri, sakit kepala sebelah kanan atas, sakit jg terasa di bagian samping kepala kanan di atas telinga kanan..saat ini sy sudah seminggu mengkonsumsi amoxycilin 500 mg dan panadol merah..mohon saran dok..apakah sy hrs kembali ke dokter gigi dan minta dilakukan rontgen gigi atau ke dokter THT..terimakasih ...

    Halo, Keputusan terbaik untuk merujuk ke dokter spesialis lebih tepat ditentukan apabila telah dilakukan pemeriksaan fisik. Akan tetapi, jika dari beberapa pemeriksaan sebelumnya, dokter gigi tidak menemukan adanya suatu kelainan, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter ahli THT. Jika keluhan nyeri kepala pada satu sisi, disekitar hidung, dan disertai hidung yang tersumbat dan bau, dikhawatirkan terdapat gangguan pada sinus paranasal. Demikian semoga membantu. dr. Agatha