Tanya Dokter

  • Solusi atasi sakit gigi akibat berlubang

  •  Novi Hartati
    Anggota
    Assalamualaikum,dok mau tanya saya mengalami sakit gigi,gigi yang atas saya berlubang lalu lama2 malah keropos dan rapuh sedangkan gigi saya yang bawah itu berlubang besar dan rasa sakitnya cenut2,saat minum es rasanya ngilu.padahal umur saya baru 17 tahun.apa yang harus saya lakukan dok?

    Halo Novi.....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, pada gigi terdapat enamel / email yang merupakan bagian terkeras gigi untuk mengunyah serta melindungi kerusakan gigi bagian dalam dari zat asam ataupun kimia.

    Ketika zat - zat pengikis terus mengurus gigi, enamel sangat mungkin menjadi berlubang. Melalui lubang tersebut, zat - zat di dalam mulut dapat masuk dan merusak gigi.

    Berikut ini beberapa faktor risiko yang membuat gigi dapat keropos, diantaranya adalah : kurangnya menjaga kebersihan gigi sehingga tertumpuk bakteri, sering makan roti, memakan buah yang asam, sering minum air minuman yang berkarbonasi, sering mengunyah es batu.

    Yang harus Anda lakukan saat ini adalah menemui dokter gigi, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan gigi lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi saat ini.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter gigi yang Anda temui nantinya, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, selalu jaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur.

    KLik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SAKIT GIGI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati