Tanya Dokter

  • Sakit gigi disetai sakit pada leher, dan pundak

  • Dok saya sering sekali sakit kepala sebelah kanan, sakitnya itu hanya di satu titik aja (diatas kuping sejajar alis mata) dan langsung ber imbas ke sakit leher dan pundak sebelah kanan sampai tangan sebelah kanan saya kalau di gerakkan itu berat dan lgsung berasa ke pundak dok, terkadang saya gerak2in tangan saya krna itu agak membantu sedikit utk pundak saya yg sakit…. Apakah semua itu terjadi karena saya punya sakit gigi graham sebelah kanan bawah dok? Saya sudah pernah melakukan perawatan gigi tapi tidak sampai setahun sakitnya muncul lagi, kalau saya minum air yg agak sedikit manis atau air dingin atau air panas gigi saya langsung sakit… Dan imbasnya saya jadi sakit kepala, tapi tidak jarang dimulai sakit kepala dulu baru sakit gigi dan sakit pundak. Apa yg hrus saya lakukan dok, apa saya harus cabut saja gigi ini atau saya harus cek ke dokter syaraf? Krna saya sudah sering pijet kalau pundak atau kepala sakit, tapi setelAh di pijat sakit lagi…

    Hai Mungkin saja sakit kepala yang Anda alami akibat dari adanya masalah pada gigi, seperti yang tersering adalah sulit tumbuhnya gigi graham paling belakang (graham ketiga) disebabkan posisi gigi yang miring, namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan foto rontgen gigi serta pemeriksaan dari dokter gigi. Penyebab dari sakit kepala sangatlah beragam, mulai dari sakit dari struktur kepala tersebut yang sensitif dan juga penyebab lain. Beberapa penyebab sakit kepala, antara lain:

    • Sakit kepala tipe tegang. Gejalanya antara lain sakit kepala yang terasa seperti diikat, ditekan. Sakit dari puncak kepala dan menjalar ke leher belakang dan bahu, sering dipicu oleh kelelahan dan stres psikologis. Mengenai sakit kepala tipe tegang dapat Anda baca pada artikel berikut: Sakit kepala tipe tegang.
    • Sakit kepala migrain. Sakit kepala sebelah atau kedua sisi yang terasa berdenyut. Mengenai sakit kepala migrain dapat Anda baca pada artikel berikut ini: apa itu migrain?.
    • Sakit kepala cluster. Dimana sakit kepala hebat yang terasa menjalar pada sekitar mata, disertai gejala hidung tersumbat, mata merah dan berair.
    • Dan penyebab lain seperti infeksi selaput otak (meningitis), sinusitis, hormonal, pilek, tumor otak, dan lainnya.
    Sebaiknya Anda tetap melanjutkan pemeriksaan pada dokter gigi untuk melanjutkan penanganan perawatan gigi Anda, karena masalah pada gigi tentunya dapat menyebabkan gejala dan komplikasi lain. Bila memungkinkan Anda dapat memeriksakan ke dokter spesialis saraf, jika gejala tidak berkurang untuk memastikannya. Berikut diskusi mengenai sakit kepala, dapat Anda ikuti pada link berikut ini: Sakit kepala yang tak kunjung sembuh. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Trimakasih dr. Yan William Sebelumnya saya ucapkan trimakasih dok atas penjelasannya yg sangat bermanfaat. Saya ingin menjelaskan bahwa gigi graham saya yg ketiga sudah tumbuh, dan gigi yg sakit adaah gigi graham kedua, sudah di foto rotgen hasilnya bagus dok tidak ada apa2 di gigi saya, tapi saya selalu merasa kan sakit/ngilu jika minum dingin atau panas. Dan dokter gigi saya menyarankan dua pilihan, di rawat lagi atau di cabut. Nah sekarang saya sedang hamil 15 minggu, apakah boleh saya cabut gigi dok?