Tanya Dokter

  • Solusi atasi sakit gondongan dikedua pipi

  • Assalamualaikum. Dok, saya perempuan berusia 34 thn. Udh hmpir 4 Hari INI saya punya keluhan sakit dibelakang telinga sblah kanan. Gejala awal yg saya rasakan sbelum pembengkakan, badan saya demam, mudah lesu, pusing, seluruh badan trasa legal hingga mual dan muntah. Esok hari saya lihat di cermin, pipi kanan saya nampak bengkak dan terasa nyeri bila dipegang. Makan pun susah karena sakit pada bagian yg bengkak tersebut. Diga Hari sudah berlalu. Hari ketiga saya Ada keluhan lagi. Pipi kiri pun ikut bengkak Dan terasa nyeri. Jadi saya terkena gondongan di kedua pipi saya. Yang ingin saya tanyakan, apakah Yang saya alami INI gejala sakit yg wajar? Karena yg saya tau kebanyakan orang bila sakit gondongan hanya dibagian satu sisi saja. Dan obat APA supaya gondongan saya cepat kempis Dan sembuh. Karena saya merasa terganggu oleh pekerjaan saya sebagai Guru yg harus banyk bicara Dan aktivitas. Sementara untuk bicara pun, terasa sakit. Terimakasih Dok. Wassalam.

    Waalaikumsalam wr. wb. Firmansyah,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Bengkak di pipi yang disertai keluhan lain, seperti demam, lesu, pusing, nyeri otot dan persendian, mual, muntah, dan nyeri di belakang telinga memang bisa menandakan gondongan, atau dalan ilmu medis dikenal dengan parotitis.

    Parotitis merupakan istilah dari peradangan yang terjadi di kelenjar air liur. Kelenjar ini terletak di bawah telinga sebelah pipi. Karenanya, jika meradang, area ini kerap mengalami pembengkakan, kemerahan, terasa hangat, dan juga nyeri. Penyebab tersering parotitis adalah infeksi virus. Virus ini bisa menyerang hanya satu sisi kelenjar air liur, namun bisa juga keduanya. Jadi, tidak selalu pembengkakan terjadi hanya di salah satu sisi saja ya..

    Karena penyebabnya adalah infeksi virus, parotitis umumnya dapat sembuh dengan sendirinya seiring dengan bekerjanya sistem imun. Namun, apabila parotitis tidak membaik dalam 3 hari, sebaiknya Anda tetap memeriksakannya ke dokter. Dikhawatirkan, pembengkakan pipi yang Anda alami disebabkan oleh kondisi lain yang mirip dengan parotitis, misalnya pasca cidera wajah, gingivitis (radang gusi). limfadenitis (peradangan kelenjar getah bening), rheumatoid arthritis (radang sendi karena rematik), abses (kumpulan nanah di bawah kulit), tumor, dan sebagainya. Jika perlu, dokter mungkin akan menganjurkan Anda menjalani pemeriksaan laboratorium, rontgen, atau USG.

    Sementara itu, untuk membantu proses penyembuhan, langkah berikut bisa Anda coba:

    • Kompres pipi yang bengkak dengan air hangat
    • Sementara, batasi makanan yang terlalu keras dan memicu produksi liur berlebih (misalnya makanan pedas dan berlemak)
    • Perbanyak minum air putih
    • Jangan merokok
    • Perbanyak istirahat
    • Tinggikan kepala saat tidur

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah