Tanya Dokter

  • Luka pada mulut akibat prosedur pencabutan

  •  Nadya025
    Anggota
    Selamat sore dok,,, Dok jum'at kmrin 22 des 17,saya cabut gigi tapi dokternya tidak berhasil mencabutnya karena susah dikarena gigi saya sudah keropos,,,alhasil saya dianjurkan ke dr.bedah mulut atau disuruh nunggu 1-2bulan agar gigi muncul keatas dg harapan doktenya berhasil mencabutnya.sekarang gusi saya jadi pada luka seperti sariawan mungkin karena terkena alat2nya kemarin,,bahayakah atau tidak ya dok?saya takut infeksi...dan sebaiknya kapan saya harus ke dr.bedah mulut.terimaksih dok
    Nadya025  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Nadya,

    Luka pada mulut memang dapat terjadi akibat prosedur pencabutan (ekstraksi) gigi dan kondisi tersebut juga mempermudah terjadinya infeksi. Meskipun demikian, Anda tidak perlu merasa khawatir berlebih mengenai hal ini karena umumnya dokter telah meresepkan obat seperti antibiotik sebagai pencegahan berbagai komplikasi yang dapat terjadi.

    Bila memang keluhan tersebut sangat berat atau membuat Anda khawatir maka Anda sebaiknya segera memeriksakan diri Anda kedokter yang merawat Anda agar mendapat penanganan lebih lanjut.

    Anda juga dapat memeriksakan diri Anda kedokter bedah mulut kapanpun namun lebih cepat lebih baik agar segera mendapat penanganan. Dokter Anda juga dapat menganjurkan pemeriksaan foto panoramik untuk memastikan posisi gigi Anda untuk mempermudah proses pencabutan gigi dan meminimalisasi risiko terjadinya komplikasi.

    Konsultasikanlah penanganan yang dapat dilakukan oleh dokter baik kelebihan dan kekuranganya agar Anda dapat menentukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Berikut anjuran untuk Anda :

    • Jagalah kebersihan mulut Anda secara umum
    • Hindari konsumsi makanan yang terlalu keras, manis, asam atau lengket
    • Konsumsi cukup air putih
    • Lakukan kontrol sesuai anjuran dokter dan segera periksakan diri Anda bila keluhan menetap atau memberat
    • Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono