Tanya Dokter

  • Penyebab badan terasa lemas hampir 2 bulan

  •  Ryan Pa
    Anggota

    teriHalo dok, saya mau tanya saya sekarang suda hampir 2 bulan merasa badan belum fit betul.

    kronologi : 

    awal mula saya saya hanya merasa mual di sore hari saja

    terus seminggu kemudian mual + lemas,

    di minggu kedua ada demam namun demam hanya terjadi pada pagi dan malam, 

    setelah di cek darah tidak ada mengarah ke tipus/dbd tapi dokter hanya memberi obat lambung, mual, dan demam.

    di minggu ketiga saya merasa tidak bisa berdiri dengan seimbang kepala pusing tapi tidak sakit seperti pusing bingung saja tidak bisa berdiri seimbang, dan saya rasa di minggu ketiga ini fase yg paling parah, mual perut kembung panas dingin keringat berlebih dan ssusah nafas.

    di minggu keempat keadaan menjadi lebih baik tapi yg saya rasa masih mual dan mengigil di pagi/ malam/siang hari, dan diminggu  ini juga saya sudah cek darah lagi dan ternyata kata dokter hasilnya bagus tidak ada tipus. di minggu keempat saya periksa nya di dokter penyakit dalam. 

    di minggu kelima saya masih merasa mual tapi jarang jarang dan masih menggigil tapi jarang juga, dan saya merasa sehat tapi belum merasa 100% sembuh karena kalo konsentrasi sedikit/ pergi kena angin sebentar saja saya langsung masuk angin lemas dan pusing mual seperti tidak kuat beridiri/duduk dalamwaktu yg lama

    di minggu keenam yg rasa sama seperti minggu kelima, sudah enakan tapi kalo duduk agak lama l(saya kerjanya dirumah gambar) kalo udah agak lama pasti lemes. 

    itu kenapa ya dok? saya bingung kata dokter penyait dalam saya itu post tipus (saya gatau tulisan post nya gimana) tapi katanya sakit (sisa sisa tipus nya aja) dan penyembuhan tergantung setiap orang nya. tapi yg saya bingung lagi padahal kan sudah 2 kali cek darah dan semua normal dan tidak ada indikasi ke arah tipus.

    2 hari belakangan saya merasa kembung dan susah nafas (mungkin karena mualnya) oiya tapi saya juga suka idung mampet  kalo tiduran gitu padahal saya tidak pilek, dari minggu kedua idung mampet ini ada, kadang mampet banget terus kadang juga pilek dikit (suka batuk jugal) tapi ini jarang jarang. kadang saya suka ngerasa cemas sendiri kalo mikirin penyakit ini dan pikiran selalu kemana mana karena baru kali ini ngerasa sakit lebih dari sebulan, kira kira ini udah 1 bulan 3 minggu

    mohon jawabannya ya, terimakasih dok? :) have a nice day

     

    Halo. Kondisi yang Anda alami bisa terjadi karena daya tahan tubuh yang menurun. Saat daya tahan tubuh menurun maka seseorang gampang sakit. Saat daya tahan tubuh menurun maka seringkali akan terasa lemas dan tidak bertenaga. Selain karena faktor daya tahan tubuh, seringkali gejala yang banyak disebabkan oleh faktor pikiran. Kondisi dimana tidak ada ditemukannya tanda-tanda kelainan pada pemeriksaan secara fisik maupun pemeriksaan tambahan lainnya sedang terdapat gejala yang dirasakan oleh penderita, umumnya keadaan yang disebut dengan gangguan somatoform. Walaupun tidak ada kondisi medis yang serius, gejala-gejala yang dirasakan oleh pasien dengan gangguan somatoform sangat mengganggu dan berpotensi menimbulkan stres emosional. Hal ini tentu akan menurunkan kualitas hidup seseorang. Ada beberapa jenis penyakit/gejala yang disebabkan oleh pikiran, seperti gangguan psikosomatis dan gangguan somatoform. Bedanya gangguan psikosomatis dengan somatoform :

    • gangguan psikosomatis  pikiran memainkan peranan penting dalam penyakit fisiknya, penyakit fisik ini benar-benar ada dan dapat ditemukan dokter, misalnya penyakit kulit yang semakin parah akibat stress/cemas yaitu neurodermatitis, penyakit asam lambung yang dipicu stress.
    • Sedangkan pada gangguan somatoform, satu-satunya penyebabnya adalah pikiran/mentalnya dan hanya bersifat subjektif yaitu dirasakan pasien namun tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan fisik maupun penunjang. Apabila Anda memang telah memeriksakan diri pada banyak dokter dan sudah terbukti hasilnya normal, Anda mungkin menderita gangguan somatoform ini.

    Ciri-ciri Anda menderita gangguan somatoform diantaranya adalah suatu sensasi yang spesifik misalnya sesak nafas, atau nyeri di bagian tubuh,  atau yang umum misalnya rasa lelah atau lemas. Gejalanya dapat bervariasi dari satu gejala hingga banyak gejala, dan keparahannya juga bisa ringan, sedang atau berat. Keluhan atau gejala fisik berulang, banyak gejala dan berubah-ubah. Gejala yang sering dialami  antara lain:

    • Sakit perut, diare, atau sembelit
    • Sakit kepala yang berpindah-pindah
    • Sakit punggung, sakit lengan, dan sendi-sendi tubuh seperti lutut dan pinggul
    • Pusing bahkan sampai pingsan
    • Masalah menstruasi, misalnya kram saat menstruasi
    • Sesak napas
    • Sakit dada dan jantung berdebar-debar
    • Mual, kembung, begah
    • Masalah saat berhubungan seksual
    • Gangguan tidur, baik insomnia atau hipersomnia
    • Lemah, letih, lesu dan kurang bertenaga

    Langkah awal untuk menghentikan gangguan somatisasi adalah menerima bahwa gejala yang timbul berasal dari pikiran. Dengan sikap menerima, Anda akan lebih mudah untuk mengatasi gejala yang diderita. Apabila Anda merasa hal ini memang karena kecemasan Anda, Anda bisa berkonsultasi ke psikiater agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai untuk Anda. Anda juga sebaiknya mengontrol tingkat stress yang dapat memicu gejala tersebut datang menghampiri. Caranya dengan banyak melakukan aktivitas fisik, hobi, olahraga, ataupun rekreasi bersama keluarga. Selain itu, olahraga yang memadukan olah fisik dan pikiran seperti yoga, dapat dicoba sebagai pengalaman baru. Relaksasi dan olah napas juga dapat membantu meredakan gejala yang dialami. Perbanyak komunikasi dengan keluarga dan sahabat tanpa membantu melupakan gejala tersebut. Bergabung dengan komunitas baru juga mampu mengusir gejala yang selama ini Anda alami secara bertahap.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S