Tanya Dokter

  • apakah saya menderita sakit jantung?

  •  Udhyn Veron
    Anggota

    Sore dok, nama saya Yudhy berumur 16 thn dan seorng pelajar, saya ingin bertanya Dok, jika jantung slalu memompa dengan setiap waktu dengan sangat kencang dan membuat saya merasa lemah dan tidak nyaman,apakah itu apakah saya termasuk menderita penyakit jantung..!?

    Hai,   Sakit jantung adalah suatu kondisi dimana terjadi suatu keabnormalan dari fungsi jantung yang bisa berasal dari sistem elektrik jantung, gangguan kontraksi jantung, gangguan pembuluh darah jantung, gangguan katup jantung dll. Baca bahasan Anatomi dan cara kerja jantung. Jantung yang terasa berdebar  lebih kuat biasanya tidak berbahaya namun jika menimbulkan keluhan seperti lemah dan tidak nyaman maka mungkin gejala ini merupakan awal dari penyakit yang lebih serius. Untuk mendiagnosa dan mengatakan bahwa seseorang menderita sakit jantung maka pemeriksaan fisik dan tes medis seperti tes darah, rekam jantung, tes treadmill, USG jantung, Echo, kateterisasi, CT SCAN dll akan diperlukan. Penyebab jantung berdebar lebih kencang bisa dikarenakan :

    1. Serangan panik / Kecemasan berlebih.
    2. Gaya hidup = minum kopi, bergadang, minum alkohol, berolahraga, sedang dalam kondisi gembira yang berlebihan dll.
    3. Efek obat tertentu
    4. Menopause/ hormonal.
    5. gangguan tiroid
    6. Dehidrasi
    7. Anemia berat
    8. gangguan jantung = aritmia
    9. gangguan elektrolit tubuh
    10. dll.
    Jika gejala keluhan Anda disertai riwayat demam tinggi sebelumnya, ada keluhan pingsan, nafas sesak bahkan hanya untuk aktivitas sederhana atau disertai nyeri pada dada maka segera hubungi dokter Jantung Anda dan lakukan pemeriksaan secara seksama dan menyeluruh. Untuk mengurangi keluhan berdebar Anda maka Anda bisa melakukan beberapa tips seperti :
    1. menghindari makanan / minuman yang membuat jantung berdebar seperti kopi, alkohol dll
    2. Istirahat cukup
    3. Hindari stress
    4. Hindari obat obatan
    5. makan gizi seimbang
    Semoga membantu.   dr. Yusi