Tanya Dokter

  • Penyebab tangan dan kaki bengkak

  •  fikri_aziz26
    Anggota
    Dok sama mau nanya, bapak saya umur 52 tahun saat ini mengalami tangan kanan dan kaki bengkak, tangan kananya sulit digerakan dan tidak bisa menggenggam,serta sangat sulit berjalan, bapak saya punya riwayat penyakit jantung,stroke dan asam urat. Kemarin sudah diperiksa di dokter jantung tensi nya normal saja, tapi kata dokter jantungnya naik, setelah diberi obat besoknya agak mendingan. Tetapi ini tangan kanan dan kaki bapak saya bengkak lagi dan susah untuk berjalan, bapak saya belum cek asam urat. Yang jadi pertanyaan apakah penyakit bapak saya berhubungan dengan jantung atau asam urat, Terimakasih dokter sebelumnya..

    Halo Fikri,terimakasih telah berkonsultasi di alodokter. Pada keluhan ayah anda dengan kaki dan tangan bengkak,dapat dipengaruhi oleh penyakit yang mendasari seperti penyakit asam urat dan penyakit jantung yang diderita. Yang paling penting adalah bagaimana riwayat sebelumnya, hasil pada pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang (seperti cek asam urat,ekg,pemeriksaan darah lengkap,dll) berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kaki dan tangan bengkak:
    1. Limfedema (sumbatan pada kelenjar getah bening,sehingga menghambat aliran limfe pada kaki)
    2. Paska trauma (terjatuh,terbentur)
    3. Infeksi
    4. Penyakit jantung koroner
    5. Hipertensi
    6. Peradangan sendi (arthritis,gout/asam urat yang meningkat)
    7. DLL
    Penanganan sementara yang dapat anda lakukan pada ayah anda sebelum ke dokter adalah:
    1. Mengangkat kaki saat tidur,dengan menumpuk bantal
    2. Melakukan kompresi pada kaki bengkak (dapat dengan menggunakan elastic bandage/kaos kaki kompresi)
    3. Mengurangi aktifitas yang berlebihan
    4. Tidak duduk atau berdiri terlalu lama
    5. Menjaga konsumsi makanan (dapat disesuaikan dengan penyakit yang mendasari,misalnya pantangan kacang-kacangan,alkohol)
    6. Segera kembali berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam,jika gejala ayah anda disertai dengan sesak napas,susah untuk aktifitas,bengkak semakin bertambah,disertai adanya luka di kaki,karena saat ini gejala ayah anda adalah indikasi  untuk segera berobat.
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga menjawab pertanyaan anda. Salam dr. Celleen