Tanya Dokter

  • Sakit Kencing di Tetesan Terakhir

  •  Kang tiesna
    Anggota

    Tgl, 1 juli 2015 saya di usg dan hasilnya ada batu di ginjal kiri ukuran 0,48cm karena saya tak mau operasi lalu dokter ngasih resep dg harapan dg obat tersebut batu tersebut bisa mudah keluar. Tgl 12 agustus saya USG lagi karena rasa sakit mulai menghilang, dan hasilnya batu tersebut mengecil menjadi 0,36cm. Dokter nyararin teruskan obat tersebut. Seminggu lalu saya balik ke dokter karena setiap malam saya suka menggigil, dan dokter menyarankan untuk tes urine dan lukosit. Hasilnya urine bagus dan lukosit normal tinggi karena nyaris batas maksimal. Dokter bilang ada gejala tipus dan akhirnya saya dikasih antibiotik.

    Nah, sudah dua hari ini saya merasa sakit pas pipis di Tetesan Terakhir, dan ini membuat saya khawatir dok.

    Terimakasih atas jawabannya

    Hai Bila dari hasil pemeriksaan urin menunjukan hasil normal, kemungkinan untuk infeksi saluran kemih kecil walaupun bisa saja infeksi saluran kemih terjadi dengan hasil laboratorium yang normal. Bila Anda ada riwayat batu ginjal yang berukuran kecil, nyeri saat BAK pada tetesan terakhir, kemungkinan disebabkan oleh turunnya batu ke saluran kemih bawah dan menyebabkan iritasi atau lecet pada dinding saluran kemih. Anda dapat memeriksakan USG ulang pada dokter untuk memastikannya apakah batu tersebut masih ada. Penyebab lain dari nyeri saat BAK, antara lain:

    • Kurangnya cairan tubuh akibat kurangnya asupan cairan dan keringat berlebih. Terlihat urin yang kuning dan pekat
    • Iritasi ujung saluran kemih akibat sabun, kondom,dsb
    • Luka atau lecet pada ujung saluran kemih.
    Informasi mengenai infeksi saluran kemih dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Infeksi saluran kemih. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william