Tanya Dokter

  • sakit kepala

  •  anonymous
    Anggota

    selamat malam dok,

    saya sering merasakan sakit kepala disertai dengan sakit pada mata. kadang perlu memejamkan mata untuk sedikit mengurangi rasa sakitnya. sakit kepalanya paling sering di bagian atas kepala dan di sekitaran mata.

    ini terjadi 2 menit hingga berjam-jam sekalipun sudah minum obat (seperti pnadol). ini terjadi dalam seminggu bisa 2 kali, dan dalam sebulan pasti satu kali rasa itu muncul dok.

    saya baca, mirip dengan ciri-cirinya hampir sama dengan sakit kepala kluster, hanya saja ada beberapa yang tidak saya alami, seperti mata membengkak, keringat pada dahi. bagaimana dengan pendapat dokter ? hal yang paling sering saya lakukan adalah bermain di depan laptop dan juga handpone apa itu juga berpengaruh. terimakasih dok

     

     

    Halo,   Sakit kepala yang Anda alami bisa disebabkan karena :

    1. Sakit kepala tegang = sakit kepala seperti terikat yang bisa menjalar ke mata, leher dan punggung.
    2. Sakit kepala kluster = sakit kepala yang terasa dibelakang bola mata, lebih sering terjadi pada pria.
    3. Sakit kepala sekunder akibat gangguan mata = glukoma, rabun jauh, infeksi mata, terlalu lama menatap laptop dll.
    4. dll.
    Untuk menentukan jenis dan penyebab sakit kepala Anda maka sebaiknya pemeriksaan fisik secara langsung dilakukan ke dokter. Dokter bisa memeriksa dengan spesifik dan melakukan tes medis yang dianggap perlu seperti pemeriksaan mata, tekanan darah, CT SCAN dll untuk mengetahui sumber lenyebab nyeri kepala Anda. Dengan mengetahui penyebab nyeri kepala Anda maka pengobatan secara optimal bisa diberikan. Untuk membantu mengurangi sakit kepala, Anda bisa melakukan :
    1. Hindari menonton / bermain laptop terlalu lama.
    2. Istirahatkan mata secara berkala.
    3. Makan gizi seimbang
    4. Istirahat cukup
    5. Olahraga teratur
    6. minum obat pereda nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, asetosal dll.
    Baca topik Sakit kepala menjalar ke mata. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    anonymous  anonymous
    Anggota

    terimakasih dokter atas informasinya.. insyaAllah membantu sekali... hal yang belum saya lakukan yakni berkonsultasi langsung dengan dokter semoga dalam waktu dekat bisa sesuai anjuran dokter Yusi