Tanya Dokter

  • Pengertian temporal arteritis dan sakit kepala klaster

  • Pagi dok,,, mau tanya nih ,apa penyebab utama org sakit kepala scara tiba-tiba, dan sakit kepalanya itu klo disentuh serasa smakin sakit bgt.

    Terus apa penjelasan dari temporal arteritis dan sakit kepala cluster ,mohon jawabannya dok,,,makasih

    Dear ReiingKarnazirezim, Sakit kepala merupakan keluhan yang umum dirasakan. Banyak sekali penyebab sakit kepala yang mungkin. Di antaranya:

    Sakit kepala yang makin terasa sakit ketika disentuh kemungkinan besar merupakan sakit kepala tipe tegang dimana sensitivitasnya semakin tinggi ketika disentuh. Sakit kepala ini dirasakan seperti ada pita karet yang melilit kepala dan kepala terasa seperti ditekan terus-menerus. Temporal arteritis adalah kondisi dimana arteri temporal yang menyuplai darah ke kepala dan otak, menjadi meradang dan rusak. Gejalanya berupa sakit kepala seperti tertusuk, nyeri tekan di pelipis, kulit kepala berkeringat berlebihan, gangguan penglihatan, penurunan nafsu makan, nyeri otot, dsb. Sakit kepala klaster merupakan nyeri kepala di satu bagian kepala dan dirasakan dekat mata. Berhubungan dengan aktivitas hipotalamus. Gejala sakit kepala klaster meliputi: mata berair atau merah, salah satu kelopak mata bengkak, salah satu pupil mata mengecil, wajah berkeringat, telinga memerah. Sakit kepala klaster dapat dipicu oleh olahraga, suhu yang panas, bau yang menyengat, dan minuman keras. Berikut laman yang dapat Anda baca: Penyebab sakit kepala Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya