Tanya Dokter

  • Sakit kepala bagian kanan dan rambut sering rontok

  •  Desy Nuer
    Anggota
    Slmt mlm,sy desi umur 16 th Dok udah 3 minggu ini sakit kepala bagian kanan,bawah teling terasa berat,dn tidak sembuh2 namun selama itu sakitya tidak berkelanjutanslm 3 minggu ,hanya saja sering kambuh kambuh lagi,dan disaat saya memakai sisir rambut sy trjadi perontokan rambut kepala yang tidak normal..Kira kira apa sakit saya dan bagaimana solusinya.Mohon jwbny.terimakasih dok..

    Halo Desy Nuer, terimakasih atas pertanyaannya ke alodokter

     

    Beberapa diagnosis banding dari sakit kepala yang umum antara lain:

    1. migrain. sakit kepala ini umumnya berdenyut, durasi <72 jam, bisa sebelah atau kedua sisi kepala, dapat disertai mual, muntah, rasa silau dengan cahaya atau diperberat bila berada di lingkungan terang, diperberat dengan suara keras. 

    2. sakit kepala tipe tegang (tension type headache), yaitu sakit kepala yang menyeluruh, umumnya derajat ringan-sedang, dapat berlangsung beberapa hari

    3. sakit kepala cluster. sakit kepala ini mirip dengan migraine namun disertai dengan mata dan hidung berair di sisi kepala yang sakit. sakit kepala ini selalu terjadi pada satu sisi kepala.

    4. sakit kepala sekunder, yaitu sakit kepala yang disebabkan oleh penyebab lain, seperti gangguan pembuluh darah, infeksi virus, bakteri, parasit, atau jamur, cedera kepala, penyakit autoimun, tumor.

     

    tatalaksana dari sakit kepala sangat bergantung dari diagnosis. dibutuhkan wawancara dan pemeriksaan fisik untuk dapat membedakan jenis-jenis penyakit kepala di atas. wawancara lengkap yang diperlukan antara lain: lokasi nyeri kepala, deskripsi, durasi, apakah sakit menjalar, hal-hal yang meringankan atau memberatkan sakit kepala anda, dan gejala lain yang menyertai: demam, gangguan nafsu makan, penurunan berat badan, gangguan penglihatan, rasa lemas, kesemutan, dan lain sebagainya. setelah itu, pemeriksaan fisik utama adalah pemeriksaan neurologis. beberapa pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan antara lain pemeriksaan darah lengkap untuk menyingkirkan infeksi atau inflamasi, pemeriksaan pemindai gambar seperti ct-scan atau mri (bila dirasa perlu berdasarkan pemeriksaan fisik dan wawancara).

    apabila sakit kepala anda sangat mengganggu kegiatan anda sehari-hari, maka sebaiknya anda pergi ke dokter untuk mendapatkan evaluasi seperti saya sebutkan di atas. untuk sementara anda dapat mencoba paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan sakit kepala anda. 

     

    demikian jawaban saya, semoga bermanfaat

    dr. Irna Cecilia