Tanya Dokter

  • sakit kepala hingga sakit untuk melirik

  •  adhita
    Anggota
    Dok sy sering sakit kepala beberapa hari ini. Mulai dari leher yang sakit sampai mata kiri buat ngelirik aja sakit. Sy juga sakit kepala bagian atas. bila terkena guncangan atau batuk dikit aja sakit banget. Kira2 kenapa ya dok? trmksh

    Halo Adhita,keluhan yang anda rasakan berupa sakit di kepala serta menjalar ke area lain,serta sakit saat batuk dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, yang berupa hal wajar misalnya anda sedang kelelahan,kurang tidur,stress,saat batuk otot-otot tambahan biasanya diperlukan sehingga dapat mencetuskan nyeri kepala yang anda alami. sedangkan hal yang tidak normal seperti tumor,hipertensi,penyakit asam lambung,dll. Untuk mengetahui penyebab sakit kepala biasanya diperlukan riwayat sebelumnya serta pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti CT scan,MRI. Jika anda berobat ke dokter biasanya akan ditanyakan gejala seperti apa yang dialami? apakah ada mual muntah dan gejala lain? penurunan kesadaran? riwayat penyakit sebelumnya? jika anda terus menerus mengalami sakit kepala, disertai pingsan,mual,muntah terus menerus dan menyemprot,kesemutan di anggota gerak sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan.
    Beberapa penyebab sakit kepala adalah:
    1. Sakit kepala tegang/tension headache (terasa nyeri seperti terikat di sekeliling kepala,disebabkan oleh stress,kelelahan)
    2. Migrain (nyeri kepala sebelah)
    3. Sakit kepala cluster
    4. Vertigo (disertai gejala-gejala yang berhubungan dengan saraf)
    Biasanya ketika dokter melakukan diagnosis dan pengobatan,akan dilakukan sesuai penyebab keluhan anda misalnya penyakit yang mendahului.
    Penanganan sementara saat sakit kepala yang dapat anda lakukan adalah:
    1. Istirahat cukup
    2. Membatasi aktifitas berlebihan
    3. Makan makanan yang bergizi
    5. Tidak konsumsi alkohol dan kafein serta obat-obatan terlarang.
    6. konsumsi pereda nyeri sementara,seperti parasetamol (hati-hati riwayat alergi)
    jika keluhan tak kunjung hilang disarankan untuk konsultasi ke dokter umum ataupun spesialis penyakit dalam,agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang seperti CT Scan atau MRI kepala.
    Berikut sekilas info yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat.
    Salam dr. Celleen rei Setiawan