Tanya Dokter

  • Penyebab sering sakit kepala bagian belakang

  • selamat saiang dok saya mau tanya saya sering sakit kepala belakang dan rasa sakit nya terasa bila saya batuk atw ada hentakan jalan kaki bisa menimbulkan pusing. mohon pencerahan nya dok trimakasih

    Haii Ridwan,

    Nyeri kepala dalah nyeri yang bisa dirasakan pada atas mata dan telinga, bagian atas dan belakang kepala hingga leher. Ada 2 tipe sakit kepla, yakni tipe primer dan sekunder. Sakit kepala tipe primer antara lain:

    Tipe-tipe sakit kepala diantaranya:

    • tension type headache (sakit kepala tipe tegang, terasa seperti ditindih/ditekan/diikat pada kedua sisi kepala). Tipe ini paling sering terjadi. 
    • migrain (sakit kepala sebelah, berdenyut, dan umumnya didahului oleh aura seperti melihat kilatan cahaya)
    • cluster type headache (sakit kepala yang hebat, hanya sebelah sisi dan melibatkan juga area sekitar mata seperti mata merah atau berair, berkeringat di satu sisi)

    Sakit kepala tipe sekunder ialah sakit kepala yang memiliki sebab tertentu, seperti tekanan darah tinggi, penyakit pada pembuluh darah, tumor/keganasan, dan lain sebagainya.

    Ada pula yang merasakan sakit kepala ketika batuk (seperti yang Anda alami), beraktivitas fisik, bahkan ketika berhubungan seksual. Pada penelitian disebutkan bahwa sakit kepala yang dipicu oleh batuk dapat berupa tipe primer (tidak diketahui sebabnya) atau tipe sekunder. Penyebab sekunder yang memicu sakit kepala saat batuk diantaranya : gangguan stuktural otak dan penggunaan obat antihipertensi (yaitu ACE-I).

    Pada tipe primer, sakit kepala yang dipicu oleh aktivitas fisik umumnya ringan, tidak disertai mual/muntah, dan berlangsung singkat s.d 48 jam. Begitu sebaliknya pada tipe sekunder dimana sakit kepala kemungkinan akibat dari suatu gangguan nyata, maka manifestasinya umumnya lebih berat, dapat berlangsung berhari-hari, dan sering disertai mual/muntah dan kelainan neurologis.

    Bilamana keluhan yang Anda alami kini berlangsung terlalu sering, terus-menerus, atau berat, cobalah berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf. Anda akan menjalani pemeriksaan fisik, bahkan pemeriksaan penunjang bila diperlukan. Untuk saat ini, cobalah tips-tips berikut:

    • beristirahat cukup, hindari begadang
    • relaksasikan tubuh beberapa saat ketika beraktivitas dalam waktu yang cukup lama
    • hindari merokok dan konsumsi alkohol

    Simak artikel terkait :

    Pencetus Sakit Kepala Belakang

    Headache precipitated by cough,prolonged exercise or sexual activity

    Headaches Associated with Exertion and Sexual Activity

     

    Demikian semoga membantu,

    Terima kasih