Tanya Dokter

  • Penyebab pusing, pandangan buram dan mual

  •  Berlianadewi
    Anggota
    Pagi dok. Saya mau tanya dok. Kenapa ya akhir akhir ini kepala saya sering pusing ? Trus ketika bekerja di depan komputer mata saya terasa perih dan tidak lama melihat tulisan menjadi kabur / blurr. Terus juga setiap naik mobil kepala saya terasa pusing dan aga mual. Mohon solusinya ya dok. Terimakasih

    Hai Berlianadewi,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pusing bisa dirasakan sebagai sensasi nyeri di kepala, kliyengan, berputar-putar, atau limbung seperti ingin pingsan. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan pusing, penglihatan buram, dan mual sebagaimana yang Anda alami adalah:

    • Kurang tidur
    • Perubahan hormonal, misalnya saat awal kehamilan
    • Anemia (hemoglobin darah rendah)
    • Dehidrasi (kurang cairan)
    • Hipoglikemia (gula darah rendah)
    • Hipotensi (tekanan darah rendah)
    • Vertigo (pusing berputar-putar karena kelainan di pusat keseimbangan)
    • Migrain (nyeri kepala berdenyut yang terutama terasa di salah satu sisi kepala)
    • Gangguan refraksi mata (misalnya rabun jauh, silinder, rabun dekat)
    • Motion sickness (mual dan pusing karena mabuk perjalanan)
    • Tumor otak
    • Dispepsia (peningkatan asam lambung)
    • Infeksi bakteri atau virus lainnya, misalnya meningitis (radang selaput pembungkus otak), demam tifoid (tifus), dan sebagainya

    Mata yang terasa perih dan pandangan buram saat menatap komputer terlalu lama bisa menandakan asthenopia (mata yang lelah). Kondisi ini salah satunya paling sering disebabkan oleh gangguan refraksi mata, yang juga bisa memicu pusing yang Anda alami.

    Karenanya, cobalah memeriksakan diri secara langsung ke dokter ya.. Jika diduga akar masalahnya ada di otak atau mata, maka dokter mungkin akan merujuk Anda ke dokter spesialis syaraf atau dokter spesialis mata untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

    Sementara itu, cobalah lakukan tips berikut:

    • Tidurlah dengan teratur 6 hingga 8 jam setiap harinya
    • Kelola stres dan emosi Anda dengan baik
    • Rajin berolahraga
    • Disiplin dalam mengatur waktu makan. Biasakan makan sedikit-sedikit tapi sering. Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan pedas, asam, berlemak, dan mengandung gas, terlebih menjelang bepergian.
    • Batasi juga konsumsi kafein
    • Hindari menatap gadget atau komputer terlalu lama

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah