Tanya Dokter

  • Sakit kepala sebelah kanan setelah terbentur

  • Nama saya Nurul saya 20 THN.3 hari yang lalu kepala saya terbentur cukup keras.dan setelah itu saya tidak berhenti sakit kepala sebelah kanan, tidak bisa fokus,dan sering berdenyut.terima kasih.tolong di jawab.😘😘😘
    Nurul Al Fatih  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Nurul Al Fatih,

     

    Nyeri kepala merupakan salah satu keluhan yang pernah dialami oleh setiap orang. Penyebab dari nyeri kepala sangatlah luas seperti adanya infeksi di dalam tubuh yang sedang berlangsung, riwayat trauma terutama pada daerah kepala, gangguan pada mata (seperti pada glaukoma atau penurunan tajam penglihatan), gangguan pada telinga (seperti pada sinusitis) atau adanya tumor pada kepala. 

     

    Selain itu, nyeri kepala berdasarkan jenisnya dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu tension headache, migraine, atau nyeri kepala cluster. Nyeri kepala yang terjadi pada sebelah kepala disebut dengan migraine. Pada pasca terjadinya trauma kepala tergantung pada seberapa keras benturan yang terjadi. Pada benturan ringan umumnya rasa nyeri dapat menghilang dalam beberapa menit sampai jam namun apabila benturan kepala cukup berat, nyeri kepala dapat menetap selama 2 sampai 3 hari. 

     

    Anda dapat mengkonsumsi obat paracetamol untuk meredakan rasa nyeri dan melakukan observasi. Apabila nyeri kepala semakin memberat, tidak menghilang dengan pemberian obat pereda nyeri, disertai dengan muntah atau terjadi demam sebaiknya anda melakukan pemeriksaan dengan dokter terkait dengan nyeri kepala pasca trauma yang anda alami sehingga dapat dilakukan pemeriksaan.

     

    Pada saat melakukan konsultasi, dapat dilakukan pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang apabila diperlukan seperti pemeriksaan foto Roentgen ataupun CT-Scan untuk mengevaluasi kondisi pada kepala pasca terjadinya trauma sehingga apabila terjadi kelainan dapat dilakukan penanganan untuk mengatasi nyeri kepala.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi