Tanya Dokter

  • penyebab dan mengatasi nyeri kepala

  • Dok, saya mengalami sakit kepala dibagian ubun2. Rasanya seperti kepala bagian atas saya seperti ditusuk tusuk. Kata saudara saya itu gejala darah rendah atau kurang trombosit. Apakah dokter bisa menjelaskan sakit kepala saya ini? Dan adakah obat penawar sakit sementara nya?
    Sarii Wulandari  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Sanii Wulandari,

     

    Nyeri kepala merupakan salah satu keluhan yang seringkali dijumpai karena kemungkinan penyebab yang sangat luas seperti infeksi pada tubuh secara sistemik atau infeksi pada selaput pembungkus otak ataupun infeksi pada otak. Nyeri kepala juga dapat muncul pada stress yang berlebihan, pada tekanan darah yang rendah, gangguan pada lambung seperti sakit maag. 

     

    Nyeri kepala juga dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan jenis nyerinya diantaranya : 

     

    Beristirahatlah atau konsumsilah obat paracetamol saat terjadinya nyeri kepala. Namun pada nyeri kepala yang terus memberat, tidak kunjung sembuh dengan pengobatan ringan, atau mengganggu dalam aktifitas sehari-hari maka lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik atau penunjang seperti Ct-Scan kepala ataupun pemeriksaan darah untuk mengetahui kemungkinan diagnosa dari penyebab nyeri kepala.

     

    Beberapa anjuran yang dapat dilakukan pada kondisi nyeri kepala diantaranya : 

    • Hindari pemicu stress
    • Beristirahat dengan cukup
    • Makanlah dengan teratur 3 kali dalam sehari 
    • Minum cukup air putih

     

    Semoga informasi ini bermanfaat

     

    Salam, 

     

    dr. Irvandi