Tanya Dokter

  • sakit kepala belakang kambuhan dan cara mengobatinya

  • Dok, 2 hari belakangan ini saya sakit kepala bagian belakang. Saya sudah mengalami sakit kepala ini beberapa kali, tapi kambuh lagi setelah beberapa bulan yang lalu. Apakah sakit kepala jenis ini masih normal atau bagaimana? Dan bagaimana cara menyembuhkannya?

    Hai,   Sakit kepala merupakan gejala paling sering yang dialami orang di jaman ini. Penyebabnya sangat bervariasi. Namun pada dasarnya sakit kepala dibedakan menjadi 2 kategori yaitu :

    1. Sakit kepala primer
    Sakit kepala primer sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yaitu :
    • Sakit kepala tipe tegang = gejala yang paling khas adalah disertainya rasa kaku/ pegal pada leher/ tengkuk, punggung, kadang bisa menyebar ke mata dll. Penyebab sakit kepala ini bisa karena kelaparan, stress, lelah, kurang istirahat dan postur tubuh yang salah dalam melakukan aktivitas.
    • Sakit kepala tipe cluster = sakit kepala hebat dan kuat, sering dialami pria dan biasa nyeri berada di belakang mata.
    • Migraine = Nyeri kepala 1 sisi yang bisa berpindah tempat , diawali dengan adanya penglihatan (aura) seprti melihat kilatan cahaya dan biasanya sangat sensitif terhadap suara yang berisik dan sinar yang terang.
    2. Sakit kepala sekunder Merupakan sakit kepala yang disebabkan penyakit lain seperti sakit gigi, sakit telinga, sinusitis, vertigo, flu, hipertensi dll Penanganan sakit kepala bisa dengan :
    1. meminum obat pereda nyeri seperti paracetamol,
    2. istirahat cukup,
    3. melakukan pemijatan di tempat yang terasa nyeri,
    4. menghindari kopi dan alkohol,
    5. Hindari stress,
    6. olahraga rutin
    7. makan gizi seimbang.
    Baca artikel Sakit kepala di SINI. Baca artikel makanan penyebab sakit kepala di SINI Semoga membantu.   dr. Yusi