Tanya Dokter

  • sakit kepala belakang kambuhan dan cara mengobatinya

  • Dok, 2 hari belakangan ini saya sakit kepala bagian belakang dan kadang terasa sangat sakit dalam keadaan tertentu. Saya sudah mengalami sakit kepala ini beberapa kali, tapi kambuh lagi setelah beberapa bulan yang lalu. Apakah sakit kepala jenis ini masih normal atau bagaimana? Dan bagaimana cara menyembuhkannya? Terima kasih.

    Hello, Sakit kepala merupakan gejala umum yang sering dirasakan oleh sebagian besar orang. Sakit kepala bias disebabkan oleh gangguan dalam kepala atau gangguan pada tempat lain disekitar kepala atau disebabkan karena gangguan lain. Berikut beberapa penyebab dari sakit kepala:

    1. Sakit kepala tegang
    2. Migrain
    3. Sakit kepala cluster
    4. Meningitis
    5. Tumor otak
    6. Trauma kepala
    7. Gangguan pada mata seperti astigmatisme
    8. Gangguan pada sinus seperti sinusitis
    9. Gangguan pada saluran pernafasan seperti influenza
    10. Gangguan pada gigi seperti pada caries gigi
    11. Hiperkolesterolemia
    12. Ketidakseimbangan hormone
    13. Gangguan psikis
    14. Pengaruh dari makanan
    15. dan masih banyak lainnya
    Untuk mengetahui apakah sakit kepala yang Anda rasakan tergolong normal atau berbahaya, membutuhkan pemeriksaan yang lebih lanjut dari dokter. Dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan, melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, seperti pemeriksaan laboratorium darah, foto rontgen, CT scan, dan lainnya. Setelah mendapatkan kepastian diagnose, Anda akan mendapatkan informasi terkait pengobatan, anjuran, dan pencegahan, serta prognosa bahaya tidaknya penyakit yang Anda alami. Anda dapat melakukan hal tersebut ini dibawah untuk mengurangi keluhan nyeri kepala yang Anda rasakan:
    1. Istirahat yang cukup
    2. Hindari minuman yang mengandung cafein
    3. Hindari stress
    4. Makan yang teratur
    5. Olahraga rutin
    6. Konsumsi obat penahan sakit berlogo lingkaran hijau seperti paracetamol sesuai anjuran yang tertera pada bungkus obat
    Berikut Anda dapat mengakses laman ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai nyeri kepala. Semoga dapat bermnafaat. Salam, dr Henry Andrean