Tanya Dokter

  • wajah terasa kebal dan seperti mau kram

  • Dokter minggu yang lalu saya mengalami rasa kebal dan menebal di bagian wajah. kemudian wajah seperti ada yang menarik-narik, kesemutan bahkan seperti mau kram. saya panik sekali, tapi pagi harinya saya berusaha olah raga, penebalan dan rasa kebal di wajah perlahan menghilang. tapi rasa seperti kesemutan dan seperti ditarik-tarik di bagian wajah saya masih terasa, hingga hari ini hanya intensitasnya berkurang. mata saya juga terasa lelah, kadang buram. kemudian saya juga mengalami sakit kepala yang lumayan hebat, hingga saya sulit tidur tapi saya tidak berani mengkonsumsi obat penurun rasa sakit... kira-kira apa yang saya alami ya dok.... terutama ketika wajah saya terasa kebal, menebal dan bahkan rasa kebal di bagian lidah sebagian kecil di bag kanan.

    Hello, Keluhan seperti kram, kesemutan, dan kebal, biasanya disebabkan oleh gangguan saraf perasa (sensorik) yang dapat bersumber dari gangguan pusat saraf (otak) atau gangguan dari saraf tepi, atau gangguan lainnya seperti ketidakseimbangan mineral tubuh. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gangguan saraf secara sebelah di satu sisi wajah, antara lain:

    1. Stroke
    2. Bell's palsy
    3. Neurpati perifer lain
    4. Guillaine baire disease
    5. Lyme
    6. Otitis media
    7. Ramsay Hunt sindroma
    8. Herpes Zoster
    9. Sarcoidosis
    10. Infeksi virus
    11. dan lainnya
    Untuk mendapatkan kepastian mengenai diagnose yang Anda rasakan, Anda membutuhkan pemeriksaan dokter baik secara fisik atau melalui pemeriksaan penunjang yang dianjurkan oleh dokter nantinya. Segeralah memeriksakan untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat, sehingga penyakit tidak berkembang menjadi lebih berat atau berkomplikasi. Penanganan atau pengobatan dan pencegahan akan diberikan oleh dokter yang memeriksa Anda setelah mendapatkan kepastian diagnosanya. Karena setiap penyakit dan penyebab memiliki anjuran dan cara pengobatan yang berbeda-beda. Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean

    Noor Rochmah Harjanto  Iean Melodicore
    Anggota

    Dok istri saya merasa mual sama pusing Sebelah pipi kanan nya kesemutan lidah nya gk kerasa makan minum juga kyk mati rasa lidah nya dok. Mau tanya dok apa obat nya dok. Makasih sebelum nya dok.

    Noor Rochmah Harjanto  Hery Afrizal
    Anggota

    mas noor bagaimana perkembanganya, saya juga merasakan sakit yang sama persis seperti yg mas alami, saya sudah konsultasi ke dokter saraf dan saya hanya diberi obat penenang tanpa tahu diaknosa dan kepastian penyakit saya, hingga saat ini muka saya yg sebelah kanan masih kebas dan seperti ditarik. kira2 apa yg harus saya lakukan