Tanya Dokter

  • leher kaku dan kepala seperti kesemutan

  •  AmbOn MUanise
    Anggota

    Dok,lo leher sering kaku di sertai kepala kaya semutan dan migran,itu gejala apa ya dok?

    AmbOn MUanise  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Sakit kepala dapat disebabkan oleh berbagai hal. Sakit kepala yang tidak disebakan oleh penyakit lain, atau disebut sakit kepala primer, terdiri dari 3 jenis sakit kepala, yaitu :

    • Sakit Kepala Tegang, Kondisi nyeri di seluruh bagian kepala, terasa kepala bagaikan diikat kencang, disertai rasa kaku di leher atau pundak. Dapat berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari. Disebabkan oleh kelelahan, stress, panik, cemas, postur tubuh tidak baik, kurang menggerakkan tubuh, dehidrasi, dll. Dapat menghilang dengan obat anti nyeri (seperti paracetamol, ibuprofen) dan istirahat atau relaksasi dengan melakukan pijat, yoga, dan olahraga.
    • Sakit Kepal Migrain, nyeri terjadi pada sebagian kepala, terasa berupa berdenyut dan denyutan terasa sangat keras, dapat terjadi hingga beberapa hari, disertai gejala seperi sensitif cahaya atau suara, mual, muntah. Biasa didahului adanya aura atau rasa pendahulu sebelum terjadinya migrain, seperti kesemutan, melihat kilatan cahaya, titik gelap dan lainnya.
    • Sakit Kepala Cluster, nyeri kepala hebat yan gintense terutama pada bagian belakang mata.
    Yang mana kah gejala yang sesuai dengan anda, karena sakit kepala tipe tegang berbeda dengan tipe migrain. Sebaiknya anda memeriksa diri ke dokter agar dapat diketahui anda mengalami sakit kepala yangmana dan dapat diberikan pengobatan yang tepat untuk m enghilangkan gejala. Selengkapnya silakan baca di link berikut : http://www.alodokter.com/sakit-kepala/penyebab http://www.alodokter.com/sakit-kepala-tegang http://www.alodokter.com/migrain/diagnosis