Tanya Dokter

  • Mata dan kepala sakit karena cahaya yang terlalu terang

  • Dok, saya mau bertanya. Pertama sblum saya sakit kepala hebat, mata saya sakit krna cahaya yg terlalu terang, seperti berkunang2 tpi sangat sakit. Terus saya demam beberapa hari. Kepala saya sakit waktu dok. Apa boleh saya tahu penyakit saya apa dok?

    Hai,   Sakit kepala bisa disebabkan banyak faktor. Namun biasanya sakit kepala yang dipicu oleh melihat cahaya yang terlalu terang bisa diakibatkan karena sakit kepala migraine. Baca Sakit kepala migrain. Selain sakit kepala migraine, kemungkinan penyebab sakit kepala Anda bisa berasal dari :

    1. Kelainan pada mata = glukoma
    2. Kelainan pada otak = Tumor otak, Kanker otak, Aneurisma pada otak
    3. Meningitis 
    4. Sakit kepala cluster
    5. dll.
    Untuk mengetahui penyebab sakit kepala Anda maka pemeriksaan fisik secara langsung dan tes medis seperti tes darah, CT SCAN, MRI mungkin akan diperlukan untuk mencari penyebab keluhan Anda. Dengan mengetahui penyebab keluhan Anda maka penanganan bisa diberikan setepat mungkin. Baca topik sakit kepala hebat. Isitrahat cukup di tempat yang cukup gelap dan tenang, makan teratur dan minum obat pereda nyeri seperti paracetamol bisa membantu meredakan nyeri kepala Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi