Tanya Dokter

  • Penyebab sakit kepala yang tidak kunjung sembuh

  • slamat sore dok,, hmpir 3 minggu ini sya mrasa sakit kepala terasa d'tusuk2 trkadang smpai mata sya klo terkena sinar terasa perih dan sakit. apakah sakit yng sya alami ini berat?? mohon pencerahannya.

    Halo, Sakit kepala, dapat disebabkan oleh penyebab yang tidak diketahui, dari dalam kepala itu sendiri (sakit kepala primer) maupun diakibatkan oleh penyebab yang lain (sakit kepala sekunder). Penyebab sakit kepala Sakit kepala primer, dapat disebabkan oleh penyebab berikut:

    • Tension type headache, yaitu sakit kepala yang sifatnya seperti ditarik/diikat
    • Cluster headache, sakit kepala yang dirasakan disekitar wajah
    • Migrain, yaitu sakit kepala disebelah bagian kepala, yang berdenyut
    Sakit kepala sekunder, disebabkan oleh penyebab lain seperti adanya tumor dalam otak, darah, infeksi sistemik, cedera kepala, dan lain sebagainya. Pada migrain, selain sakit kepala, penderita dapat mengalami gangguan fotofobia, yaitu silau/sakit pada saat mata terkena cahaya atau sinar. Meskipun demikian, migrain bukanlah satu-satunya sakit kepala yang dapat disertai dengan fotofobia. Adanya suatu gangguan pada selaput otak, atau tumor, juga dapat menimbulkan gejala tersebut. Selain itu, perlu ditelusuri apakah sakit kepala dan silau yang dirasakan, terjadi secara berkaitan, ataukah berdiri sendiri-sendiri namun terjadi secara bersamaan. Fotofobia juga dapat disebabkan oleh gangguan pada mata itu sendiri, misalnya radang pada mata, mata kering, radang pada kornea, dan berbagai kelainan lain pada mata. Untuk mengurangi keluhan, Anda dapat:
    • Beristirahat cukup
    • Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol
    • Relaksasi dan mengelola stress
    Pengobatan sakit kepala Agar dapat mengetahui penyebab, serta mendapatkan pengobatan yang tepat, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan menggali informasi secara lebih mendalam, serta melakukan pemeriksaan. Setelah itu barulah dokter menentukan penanganan yang sesuai. Semoga membantu, dr. Agatha