Tanya Dokter

  • sakit kepala bagian belakang

  •  dauruk
    Anggota

    Slmt Siang Dok, sy pria (41 thn) baru2 ini sy melakukan masturbasi (krn sdg Jauh dr istri), tp ketika sy orgasme bersamaan dgn rasa sakit dibagian belakang kepala saya. Apa penyebabnya, apakah ini tnd2 suatu penyakit & bgmn mengatasinya? Sblumnya sy ucapkan terimaksih.

    dauruk  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Dauruk, Kondisi yang anda alami adalah keadaan yang dikenal dengan istilah coital cephalgia / orgasmic headache. Ada 3 jenis :

    1. Early : yang terjadi pada saat baru akan memulai/beberapa setelah mulai melakukan aktivitas seksual
    2. Orgasmic : terjadi pada saat mengalami orgasme
    3. late : terjadi pada saat/beebrapa saat setelah selesai hubungan seksual
    Penyebabnya belum sepenuhnya dimengerti, tetapi berhubungan dengan kenaikan tekanan darah selama melakukan hubungan seksual dan otot-otot sekitar kepala leher yang ikut berkontraksi saat orgasme. Umumnya lebih sering pada pria dibandingkan wanita. beberapa faktor resiko yang dapat mempermudah seseorang mengalami hal ini :
    • kegemukan
    • riwayat sering mengalami migren / sakit kepala sebelah
    • darah tinggi
    • berhubungan seks dengan posisi berlutut
    • penggunaan obat2 terlarang termasuk ganja dan amfetamin
    • pengggunaan viagra
    beberapa hal yang dapat dilakukan : 1. posisi hubungan pasif, di bawah sambil terlentang 2. menggunakan obat sakit kepala seperti parasetamol, ibuprofen atau asam mefenamat sebelum hubungan seksual 3. mengehentikan sementara hubungan seksual selama beberapa hari hingga 1 atau 2 minggu 4. kompres dingin di tempat yang nyeri 5 istirahat di tempat yang gelap Kondisi ini dapat juga dilandasi oleh kondisi medis lain seperti stroke, radang selaput otak, tumor otak, gangguan pembuluh darah otak, dsb. Sehingga jika kondisi ini sering terjadi sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter, khususnya spesialis andrologi, atau saraf. demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.