Tanya Dokter

  • Sakit kepala bagian belakang

  • assalaamu'alaikum dok. Begini, umur saya masih 15 tahun, kelas 1 SMK. Sewaktu pagi hari, sebelum saya berangkat sekolah, saya merasakan sakit kepala bagian belakang, dekat dengan ikatan rambut saya. Selama saya sekolah di SMK kurang lebih satu bulan ini, kegiatan saya padat, saya berangkat dari rumah jam 6 pagi dan pulang jam 5 sore dok, setelah itu saya berangkat les dan jaraknya lumayan jauh, saya masuk jam setengah 7 malam, lalu Saya sampai dirumah lagi jam setengah 9. Apakah penyebabnya memang karena kegiatan saya yang padat? atau ada yang lain? lalu apa cara menghilangkan sakit kepala ini dok?

    Halo,   Sakit kepala bagian belakang bisa disebabkan karena beberapa hal seperti :

    1. Stress psikis
    2. Mengikat rambut terlalu kuat.
    3. Sakit kepala akibat aktivitas fisik berlebih
    4. Sakit kepala tegang
    5. Sakit kepala harian kronis
    6. Neuralgia oksipital
    7. Migrain basiler
    8. dll.
    Untuk mengetahui jenis dan penyebab sakit kepala Anda maka pemeriksaan me dokter akan diperlukan. Dokter akan melakukan tes fisik dan tes medis untuk mengetahui kondisi Anda, jika perlu CT SCAN akan dilakukan untuk meperjelas penyebab sakit kepala belakang Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan secara tuntas. Untuk mengurangi sakit kepala , Anda bisa melakukan beberapa hal seperti :
    1. Cukup istirahat. = 6-8 jam sehari.
    2. Makan gizi seimbang, dan jangan telat makan.
    3. Olahraga
    4. Relaksasi = yoga, meditasi, mendengarkan musik dll.
    5. Minum obat pereda nyeri sesuai aturan.
    6. Massage
    Jika sakit kepala terus berlanjut, atau disertai adanya gangguan penglihatan, intensitas bertambah kuat atau terjadi mual- muntah maka segera hubungi dokter spesialis syaraf untuk pemeriksaan dan pengobatan maksimal. Baca topik Sakit kepala. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi