Tanya Dokter

  • Sakit Kepala Berat Setelah Minum Obat

  •  Indra Rama
    Anggota

    Selamat malam dokter,

    awalnya saya mengalami hidung tersumbat yang tergolong wajar, setelah 3 hari saya memutuskan untuk meminum obat yang mengandung parasetamol 500mg, phenylephrine HCL 10mg dan Cloropheniramine maletae 2mg (maaf saya enggan menyebut merk obatnya). Saya meminumnya sekitar jam 9 malam bersamaan dengan minuman isotonik bervitamin dengan maksud memperkuat daya tahan tubuh. kemudian waktu subuh, saya merasakan sakit kepala berat dan hidung tersumbat. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli parasetamol biasa dan amoksilin yang mulai tadi pagi saya minum sendiri, saya hanya membacanya dari google. Apa mungkin saya tidak cocok dengan obat yang saya sebutkan tadi dok? apa ada obat lain? terimakasih banyak dok.

    Indra Rama  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Indrazz, Rasa nyeri kepala yang kamu alami dapat disebabkan oleh :

    • Efek samping (tidak cocok) obat. Karena salah satu komponen obat yang kamu minum, yaitu phenylephrine, memiliki efek samping salah satunya sakit kepala, meski cukup jarang / tidak selalu muncul
    • Bagian dari penyakit yang kamu alami. Pada dasarnya semua kelainan di kepala dan leher, seperti radang tenggorokan, pilek, sinus, infeksi telinga dsb dapat menimbulkan nyeri kepala
    Sebaiiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan fisik untuk menentukan penyakit anda. Amoksisilin adalah antibiotik dan hanya bermanfaat pada  kasus yang  disebabkan infeksi bakteri, tetapi tidak pada kasus akibat infeksi virus. Secara umum :
    • Pastikan anda cukup istirahat dan makan-makanan bergizi
    • Banyak minum
    • Anda dapat minum suplemen / vitamin unutuk menunjang daya tahan tubuh
    • Jika memang dokter meresepkan antibiotik, ikuti aturan pakai dan habiskan.
      tips mengatasi hidung tersumbat pilek ispa demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. pilek

    Indra Rama  Indra Rama
    Anggota

    terimakasih atas jawabannya dok, setelah mendapat resep obat yang cocok akhirnya flu ini selesai namun hanya tersisa pilek nya saja tanpa hidung tersumbat. yang membuat saya heran, ingus saya terkadang bercampur darah dan ada sedikit rasa nyeri di dahi saya. Meskipun darahnya tidak banyak, saya ingin tahu penyebabnya dok krn saya belum pernah mengalami hal ini.