Tanya Dokter

  • Sakit kepala berkepanjangan dan cara mengobatinya

  •  Elma Nurmania
    Anggota

    Malam dok. Saya mau tanya, orang tua saya sakit kepalanya berkelanjutan, awalnya kolesterol tinggi namun setelah turun sakit kepalanya masih tetap dan tidak berkurang, kemudian timbul seperti kutil dikepala. Dan sakitnya dari otak bagian kanan sampai ke tengkuk. Itu ciri-ciri sakit apa ya? Dan kira-kira solusinya gimana?

    Elma Nurmania  Elma Nurmania
    Anggota

    Dok bales dongg, saya butuh jawabannn

    Halo,   Penyebab sakit kepala sangat beragam dan bervariasi. Kolesterol tinggi sendiri memiliki gejala rasa pegal di tengkuk belakang pada beberapa kasus yang biasanya membaik dengan penurunan kadar kolesterolnya. Namun jika kadar kolesterol sudah turun namun nyeri kepala masih terasa , maka pemeriksaan secara menyeluruh akan diperlukan. Penyebab sakit kepala bisa disebabkan karena :

    1. Sakit kepala tegang = sakit kepala seperti terikat kuat, yang bisa menjalar ke tengkuk belakang, punggung dll. Biasa disebabkan karena faktor kelelahan, pola makan yang buruk, stress psikis, postur tubuh yang buruk dll.
    2. Migraine = sakit kepala berdenyut pada satu sisi kepala yang bisa berpindah dari sisi satu ke sisi yang lain.
    3. Tumor kepala.
    4. Infeksi pada telinga, hidung, gigi dll.
    5. Gejala mini stroke.
    6. Aneurisma.
    7. Makanan tertentu.
    8. Hipertensi.
    9. Fibromyalgia.
    10. Cedera saraf.
    11. Penyakit penyumbatan pembuluh darah yang bisa disebabkan aterosklerosis pada obesitas / kolesterol tinggi.
    12. dll.
    Untuk mengetahui penyebab keluhan orang tua Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan orang tua Anda ke dokter terdekat, dokter akan memeriksa secara seksamaa keluhan Anda dan melakukan tes medis lain jika perlu seperti tes darah, CT SCAN, MRI, Angiografi dll. Penanganan sakit kepala Anda akan disesuaikan dengan penyebab keluhan Anda. Untuk mengurangi sakit kepala yang mengganggu Anda bisa menyarankan orang tua Anda untuk melakukan relaksasi seperti pemijatan di bagian yang terasa nyeri, istirahat cukup, makan gizi seimbang, kelola stress dengan baik dan minum obat pereda nyeri seperti paracetamol. Semoga membantu.   dr. Yusi