Tanya Dokter

  • sakit kepala biasa atau vertigo?

  • siang dok, sya mau tnya,sya sring mengalami sakit kepala bagian belakang & jka skit itu menyerang sya sring sperti kehilangan keseimbangan,contohnya klau hbis du2k trus brdri itu rsanya sperti mw jtuh,dlu sya smpat berkonsultasi dg dkter ktanya itu vertigo. sampai skrang sya msih ska mngalaminy,hanya sja ktika skit kepala itu tdak d'bgian blkang melainkan kpala dpan,trkdang jga telinga sya berdengung & terasa skit. apa itu bgian dri vertigo jga & brbahayakah?

    Hai, Vertigo merupakan suatu gejala dengan sensasi diri sendiri atau lingkungan sekitar dirasakan berputar. Jika Anda mengalami vertigo, Anda akan merasakan gejala-gejala sebagai berikut :

    1. Sakit kepala
    2. Kehilangan keseimbangan sehingga sulit bangun dan berjalan
    3. Mual dan muntah
    4. Rasa penuh pada telinga
    5. Telinga dirasa berdenging
    6. Kehilangan pendengaran
    7. dan lainnya
    Serangan vertigo bervariasi, dapat terjadi sesaat selama hanya beberapa detik atau menit, hingga dapat terjadi berlarut-larut. Bahaya atau tidaknya vertigo tergantung oleh penyebabnya. Penyebab terjadinya vertigo secara garis besar dibedakan menjadi 2 jenis:
    1. Gangguan alat-alat pengatur keseimbangan dalam telinga
      • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) - pada vertigo jenis ini perpindahan posisi kepala mempengaruhi timbulnya vertigo
      • Penyakit Meniere - penyakit akibat perubahan tekanan pada telinga bagian dalam
      • Vestibular labirinitis - infeksi pada telinga dalam
    2. Gangguan pada saraf pengatur keseimbangan dan susunan saraf pusat
      • Gangguan pada saraf yang mengatur keseimbangan dan pendengaran (CN VII)
      • Gangguan pada susunan saraf pusat
    Untuk membaca lebih lanjut mengenai vertigo Anda dapat membaca halaman berikut : http://www.alodokter.com/vertigo Sebaiknya temui kembali dokter Anda jika gejala dirasakan memberat hingga sangat menganggu, agar dapat dilakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut. Berikut merupakan beberapa hal yang Anda dapat lakukan sendiri untuk membantu meringankan vertigo yang Anda alami : http://www.alodokter.com/penanganan-vertigo-secara-mandiri   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.  

    dok,menjelang sore sampai pagi bngun tidur kepala saya merasa sakit sebelah disertai mata yg terasa panas dan pandanganpun mulai kabur tapi akhirnya kembali lagi,apa itu ada hubungannya dengan vertigo,& berbahaya atau tidak?

    Hai, Nyri kepala yang dirasakan pada satu sisi kepala saja / sebelah, seringkali disebabkan oleh migrain. Jika mengalami migraine Anda dapat merasakan gejala :

    1. Nyeri kepala berdenyut
    2. Nyeri kepala pada satu sisi
    3. Mual
    4. Muntah
    5. Keringat dingin
    6. dan lainnya
    Ada beberapa jenis migrain yang dapat dialami oleh seseorang, salah satunya adalah migrain dengan aura. Selain sakit kepala,orang yang mengalami migrain dengan aura akan mengalami :
    1. Gangguan penglihatan
    2. Rasa kebas / kesemutan
    3. Kehilangan keseimbangan dan koordinasi anggota tubuh
    Untuk membaca lebih lanjut mengenai migraine dan gejala-gejalanya Anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/migrain Namun kemungkinan penyebab sakit kepala yang Anda alami bukan hanya migrain. Perlu adanya konsultasi dan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk menentukan penyebabnya. Berikut merupakan beberapa kemungkinan penyabab lainnya :
    1. Sakit kepala tension
    2. Sakit kepala cluster
    3. Ophtalgia
    4. Neuralgia trigeminus
    5. dan lainnya
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.