Tanya Dokter

  • Sakit Kepala, Flu, dan Pilek

  •  Peter
    Anggota

    Halo dok, belakangan ini saya sering mengalami sakit kepala dan flu.

    Pada bulan september lalu saya sakit kepala disertai flu dan badan pegal pegal namun setelah saya ukur suhu, suhu badan saya normal yaitu 36.0 dan pernah suatu pagi saat bangun pagi kepala saya sakit sekali hingga sulit untuk bangun dari tempat tidur, setelah saya ke dokter dan diberi antibiotik dan pamol saya sembuh. Namun minggu kemaren saya mengalami hal yang sama lagi yaitu flu tidak berlendir hanya mampet kepala sedikit pusing dan badan saya pegal pegal. Setelah makan Decolgen selama dua hari hidung yang mampet agak berkurang namun untuk pegal pegal dan pusing masih ada terasa.

    Apa yang terjadi pada saya ya dok? mengapa saya mengalami sakit yang sama dan berulang dalam tempo yang singkat, mohon penjelasannya.

    Terima kasih.

    Peter  Peter
    Anggota

    Halo Dok, Mengapa pertanyaan saya masih belom dijawab?   terima kasih...

    Peter November 30, 2015 at 10:47 am Halo dok, belakangan ini saya sering mengalami sakit kepala dan flu. Pada bulan september lalu saya sakit kepala disertai flu dan badan pegal pegal namun setelah saya ukur suhu, suhu badan saya normal yaitu 36.0 dan pernah suatu pagi saat bangun pagi kepala saya sakit sekali hingga sulit untuk bangun dari tempat tidur, setelah saya ke dokter dan diberi antibiotik dan pamol saya sembuh. Namun minggu kemaren saya mengalami hal yang sama lagi yaitu flu tidak berlendir hanya mampet kepala sedikit pusing dan badan saya pegal pegal. Setelah makan Decolgen selama dua hari hidung yang mampet agak berkurang namun untuk pegal pegal dan pusing masih ada terasa. Apa yang terjadi pada saya ya dok? mengapa saya mengalami sakit yang sama dan berulang dalam tempo yang singkat, mohon penjelasannya. Terima kasih.
    Hai Peter, Sakit kepala dan Flu umumnya merupakan gejala infeksi virus. Memang sering berulang, terutama pada penderita dengan kondisi daya tahan tubuh yang rendah. Penyebab daya tahan tubuh rendah terdiri dari:
    • asupan gizi yang kurang baik
    • aktifitas padat dan berat,  kurang istirahat.
    • depresi, stres
    • kurang berolah raga
    • penurunan daya tahan tubuh pada penderita AIDS
    • pasien pasien yang menjalani kemoterapi
    • bayi atau lansia
    Flu, pernah dialami oleh setiap orang. Bisa disertai dengan sakit kepala, demam dan batuk. Pegal pegal dan sakit tenggorokan. Umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh sendiri. Baca: Flu Yang perlu Anda lakukan agar tidak sering sering terkena flu:
    • Makanlah makanan cukup gizi. Perbanyak sayur dan buah buahan
    • Jaga kebersihan pribadi. Sering sering cuci tangan, terutama jika Anda berada di Rumah Sakit, tempat tempat umum atau bertemu dengan orang Sakit.
    • hindari stres, banyak istirahata
    • olah raga rutin
    • Vaksinasi flu, disaat menjelang musim flu.
    Demikian, semoga membantu

    Peter  Peter
    Anggota

    Terima kasih atas jawaban yang telah diberikan, menyambung dari pertanyaan dan jawaban yang sudah diberikan saya masih memiliki beberapa pertanyaan: -Kurang istirahat: berapa lamakah waktu tidur yang ideal untuk orang berumur 20 tahun keatas ? - Kurang berolah raga: berapa lama waktu yang diperlukan untuk berolahraga dan olahraga seperti apa saja yang baik?   karena saya pernah membaca sebuah artikel apabila terlalu banyak melakukan olah raga juga tidak baik, apakah benar dok? dan berhubungan seks termasuk dalam olahraga apakah hal ini benar? - Apa yang harus dilakukan bila orang tersebut memiliki daya tahan tubuh yang lemah ? apakah ada suplemen atau makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang? karena banyak pihak yang mengatakan bahwa daya tahan tubuh seseorang berawal dari lahir. Sekian dan terima kasih.

    Waktu tidur yang normal untuk usia 20-40 tahun sekitar 7-9 jam per hari waktu berolah raga yang dibutuhkan adalah 30 menit setiap harinya. Baca: Manfaat olahraga olahraga berlebihan tidak dianjurkan, tetapi kebutuhan berolahraga setiap orang bisa berbeda beda. Pastikan Anda berolahraga sesuai kebutuhan dan kemampuan fisik Anda. Berhubungan seks bukanlah berolahraga. Walaupun sama sama membakar kalori, tetapi kalori yang dibakar dibandingkan berolahraga sangat kecil. Daya tahan tubuh dibentuk oleh banyak hal. Termasuk genetika, gizi,aktifitas,dll. Vitamin dan supplemen berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, terutama bagi orang yang asupan gizinya kurang baik. Salam.