Tanya Dokter

  • Sakit kepala dan mata buram

  •  Rainyoct
    Anggota
    Dok saya mau tanya, kemarin teman saya tiba-tiba matanya buram setelah itu dia merasa sakit kepala sampai membenturkan kepalanya sendiri ke tembok kelas. Saya lihat urat dipelipisnya menonjol dan ketika saya sentuh dia teriak kesakitan. Padahal saya cuma sentuh biasa saja. Itu kenapa ya dok?
    Rainyoct  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Dari keadaan yang dialami teman anda, mata yang secara mendadak menjadi buram dan terasa sangat sakit pada kepala, mungkin hal tersebut disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah yang memperdarahi mata.

    sumbatan tersebut dapat berasal dari plak pada pembuluh darah lain, plak tersebut kemudian lepas, dan terbawa aliran darah dan menyumbat pembuluh darah bagian mata. Sumbatan pada pembuluh darah mata, dapat menyebabkan gejala seperti pandangan yang menurun secara tiba tiba ( tanpa ada penyakit sebelumnya), sakit pada daerah kepala atau belakang mata. Biasanya orang yang mengalami hal tersebut memiliki faktor resiko seperti darah tinggi, merokok, obesitas, kadar kolesterol tinggi. Jika memang keadaan teman anda disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah, maka hal tersebut memerlukan tindakan pertolongan medis segera. 

    Tetapi selain itu, keadaan yang dialami teman anda dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • neuralgia trigeminal
    • sakit kepala tipe tegang
    • mata minus tinggi ( miopia)
    • kanker nasofaring
    • tumor otak atau mata

    oleh karena itu, untuk menentukan penyebab dari keadaan teman anda,  maka sebaiknya teman anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis mata, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan teman anda lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, USG, rontgen, atau CT scan jika memang diperlukan.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Kondisi yang dapat hilang penglihatan

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny