Tanya Dokter

  • sakit kepala dan sakit tenggorokan

  •  Kiky Aulia
    Anggota

    Selamat malam dok saya mau tanya belakangan ini saya sering sakit kepala dan sakit tenggorokan. Dan saya juga sudah satu bulan mengkonsumsi obat isotretinoin. apakah obat Isotretinoin dapat menyebabkan sakit kepala dan sakit tenggorokan? Bagaimana cra mengatasinya dok karna sakitnya sangat menggangu. Terimakasih dok.

    Halo, Sakit kepala dan sakit tenggorokan adalah gejala yang sering muncul bersamaan. Hal ini biasanya terjadi karena infeksi virus yang kemudian menyebabkan pilek. Pada infeksi yang ringan hal ini biasanya bukan sesuatu yang berbahaya. Infeksi sering terjadi pada keadaan sistem imun tubuh sedang lemah misalnya saat kelelahan, kurang istirahat, atau makan tidak teratur. Untuk mengatasinya, Anda cukup beristirahat, mengkonsumsi makanan dengan asupan nutrisi yang cukup, dan minum air putih 2 liter per hari. Sakit kepala merupakan salah satu efek samping penggunaan isotretinoin. Bila hal ini berlanjut, sebaiknya Anda mengkonsultasikan lagi penggunaan isotretinoin dengan dokter yang meresepkannya. Ada kemungkinan tubuh Anda sensitif dan tidak cocok terhadap obat tersebut. Semoga membantu