Tanya Dokter

  • Sakit kepala di belakang sebelah kiri bawah

  • Dok saya mau tanya, suda beberapa hari ini saya demam (demamnya timbul balik) disertai dengan sakit kepala bagian belakang. Juga desertai sedikit nyeri di leher sebelah kiri. Apakah penyakit saya termasuk penyakit meningitis? Jika  iya apakah penyakit ini bisa diobati?

    Hai,   Penyebab sakit kepala sangat banyak dan bervariasi yaitu :

    1. Sakit kepala tegang
    2. sakit kepala cluster
    3. migrain
    4. Sakit kepala akibat infeksi gigi, tht,dll
    5. Sinusitis
    6. Glukoma
    7. Makanan
    8. Stress
    9. Meningitis
    10. Radang otak
    11. dll
    Dimana untuk mengetahui penyebab pastinya dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain yang akan disesuaikan dengan kondisi keluhan pasien.
    Sehingga untuk mendiagnosa bahwa keluhan Anda adalah meningitis / bukan akan memerlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter.
    Untuk mencurigai adanya penyakit meningitis biasanya diperlukan 3 gejala umum trias meningitis yaitu :
    1. Demam tinggi,
    2. Sakit kepala berat
    3. Kaku kuduk (leher menjadi kaku).
    Selain keluhan trias meningitis tersebut biasanya kondisi seseorang yang terkena meningitis juga menjadi memburuk dengan cepat. Adapun gejala lain yang bisa dikeluhkan adalah:
    1. Lemah
    2. rasa ingin berbaring terus/ mengantuk.
    3. Mual -muntah
    4. tidak responsif / kebingungan.
    Dari gejala tersebut dokter akan memeriksakan pemeriksaan lain yang diperlukan untuk menegakkan diagnosa meningitis seperti pemeriksaan cairan otak dengan melakukan pemeriksaan pungsi lumbal, tes darah, CT SCAN dll. Penyakit meningitis merupakan infeksi / peradangan pada selaput otak akibat infeksi virus / bakteri. Gejala Meningitis adalah :
    1. Demam tinggi
    2. Sakit kepala hebat
    3. Kaku kuduk
    4. Mual muntah
    5. badan terasa panas tapi tangan dan kaki kedinginan (mengigil)
    6. Bibir kebiruan
    7. Nyeri otot dan persendian.
    8. Muncul ruam / bercak kemerahan yang tidak menghilang bila ditekan.
    9. Sensitif terhadap cahaya
    10. Kejang.
    Penanganan meningitis disesuaikan dengan penyebabnya. Meningitis yang disebabkan virus biasanya bisa membaik dan mereda dengan perbaikan kondisi tubuh setelah 1 minggu. pada infeksi virus yang parah maka perawatan di RS akan diperlukan dan kadang diperlukan juga pemberian antivirus. Namun meningitis karena bakteri membutuhkan penanganan dengan antibiotik yang disesuaikan dengan kondisi masing masing penderita. Pada kasus yang cepat terdeteksi maka kesembuhan bisa berjalan dengan baik tanpa komplikasi. Namun bila infeksi cukup parah dan lambat ditangani maka bisa menimbulkan komplikasi jangka panjang akibat dari penyakit dan dari pengobatan yang lama. Baca artikel Meningitis di SINI.   Semoga membantu.   dr. Yusi