Tanya Dokter

  • Sakit kepala disertai mata memerah

  •  m Romi
    Anggota
    asalammualaikum dok udah beberapa hari ini saya mengalami sakit kepala di sertai mata memerah? apakah itu ada kaitannya dengan pola kerja saya yang bekerja saya yang terus terusan
    m Romi  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo m Romi,

     

    Nyeri kepala merupakan salah satu nyeri yang pernah dialami oleh semua orang. Penyebab dari nyeri kepala sangatlah luas dimulai dari stress yang berlebihan, adanya infeksi pada tubuh baik di kepala atau di tubuh (sistemik), gangguan pada mata atau telinga, atau disebabkan karena adanya tumor atau keganasan pada kepala.

     

    Mata yang kemerahan dapat disebabkan karena beberapa kemungkinan penyebab diantaranya konjungtivitis, dry eye syndrome, adanya benda asing pada mata, alergi atau pengaruh obat tertentu pada mata.

     

    Pada beberapa penyakit tertentu seperti infeksi virus pada tubuh, dry eye syndrome atau adanya infeksi berat pada mata dapat disertai dengan nyeri kepala. Sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang anda alami apakah berkaitan atau disebabkan karena hal lain terutama apabila nyeri kepala semakin memberat, disertai dengan demam, atau rasa nyeri pada mata. Untuk mengetahui penyebab dari keluhan dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah atau CT-Scan apabila diperlukan sehingga diketahui penyebab dari keluhan yang kerap muncul dan mengganggu.

     

    Beberapa anjuran yang dapat dilakukan diantaranya dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol untuk meredakan rasa nyeri, mengistirahatkan mata selama 10  menit setiap 2 jam bekerja di depan layar monitor, kompres mata dengan menggunakan air hangat, menjaga jarak antara monitor dengan mata setidaknya 30 cm, beristirahat dengan cukup dan hindari untuk menggunakan obat tetes mata tanpa anjuran dari dokter.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi