Tanya Dokter

  • sakit kepala disertai mual dan sakit perut.

  • Selamat malam, Dok. Saya berusia 19 tahun. Yang ingin saya tanyakan, saya sering mengalami sakit kepala bagian kiri, sampai2 sakit dibagian wajah terutama pada alis, dan setiap kali bangun tidur merasa mual, pusing, gemetaran, nyeri dada dan detak jantung cepat. Selain itu perut bagian kiri bawah juga terasa sakit, terkadang nyeri perut kiri bagian atas. Setiap kali BAB, disertai darah yang keluar hingga lebih dari 5 tetes. Dan mengenai feses yang disertai darah ini sudah sering terjadi sekitar 2 tahun terakhir.. Terkait sakit kepala dan BAB disertai darah ini apakah hal yang wajar atau memerlukan pemeriksaan lebih lanjut??? Karena setiap kali saya memeriksakan ke dokter, mereka selalu mengklaim bahwa saya mengalami stress. Mohon jawabannya. Trim's!

    Hai Untuk BAB disertai darah sudah tentu bukan suatu yang wajar. BAB keluar darah bisa disebabkan antara lain:

    • Ambeien/wasir/hemoroid
    • Luka pada anus
    • Kanker usus besar
    • Polip usus besar
    • Infeksi
    Untuk memastikan diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti cek darah, USG, endoskopi,dll. Karena jika BAB berdarah berkepanjangan didiamkan dapat terjadi anemia (kekurangan sel darah merah) yang juga dapat menimbulkan gejala sakit kepala, gemetaran, pusing, lemas, nyeri dada,dll. Untuk sakit kepala berkepanjangan memang bisa disebabkan oleh stres psikologis. Biasanya sakit kepala akibat stres bergejala terasa seperti ditekan/diikat/tegang pada atas kepala,belakang kepala dan leher. Tapi bisa juga disebabkan oleh sebab lain, penyebab sakit kepala antara lain: Penyebab sakit kepala dibagi dua, dari dalam struktur kepala itu sendiri (sakit kepala primer) dan dari penyakit lain diluar struktur kepala (sekunder).   Sakit kepala primer antara lain:  
    • Sakit kepala tipe tegang: dinamakan tipe tegang karena sakit kepala terasa seperti diikat dan menjalar ke leher. Penyebabnya biasanya lingkungan seperti stres psikis,kurang istirahat, terlalu capek,terlambat makan,dll.
    • Migrain: nyeri terasa berdenyut biasanya hanya sebelah namun bisa juga pada kedua sisi, sering pada wanita. diakibatkan faktor stres,hormonal,dll
    • Sakit kepala cluster, biasanya bergejala sangat hebat seperti dipukul, nyeri menjalar ke salah satu mata
          Sakit kepala sekunder: disebabkan diluar struktur kepala seperti sakit gigi,sinusitis, mata sudah kabur,saraf, infeksi, tumor,dll. Semoga membantu ya, sehat selalu. Terima kasih. dr.Yan william  

    Pengacara Cinta  Deby Afrilia
    Anggota

    selamat malam dok, saya mau tanya dok? saya sering sakit kepala dan sakit banget dok, disertai dengan mual, muntah dan sakit di bagian perut dok... ini sakit apa dok?

    Dok,saya belakangan ini kurang makan akibat itu saya pusing,mau mual2,dada kiri nyeri terasa lemas,perut kiri nyeri dikit ..