Tanya Dokter

  • Sakit kepala disertai panas pada leher

  • Selamat pagi dok. Dari 2 hari yg lalu kepala saya itu pusing dan badan saya jga panas selain itu leher saya jga panas dan sakit kalau saya menggerakan kepala sedikit langsung pusing. Dan terkadang perut saya juga rasanya tidak enak. Kalau boleh tau itu kenapa ya dok? terimakasih sebelumnya.

    Hallo Violetta Jessica

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh diatas 38 derajat celcius. Demam ini merupakan kondisi yang bisa terjadi karena berbagai macam hal, misalnya infeksi atau dehidrasi. Anda perlu mengetahui bahwa gejala awal dari suatu bentuk infeksi memang sering menyerupai gejala flu (flu-like symptoms). Jadi pada awal suatu infeksi, anda bisa mengalami gejala batuk pilek, demam, mual-muntah, badan lemas, pusing dan sebagainya. Hal ini merupakan sesuatu yang umum terjadinya. Jadi bisa saja kondisi sakit kepala dan demam yang anda alami disebabkan karena adanya proses infeksi pada tubuh anda. Pada awalnya memang gejala infeksi ini tidak spesifik, namun seiring dengan berjalannya proses infeksi maka akan muncul gejala spesifik sesuai dengan penyebab infeksi. Misalnya pada demam berdarah akan mimisan, pada peradangan saluran nafas akan muncul juga pembesaran kelenjar getah bening pada leher, atau gangguan pada saluran cerna seperti yang terjadi pada penyakit tifus (demam tifoid) dan muncul gejala lain tergantung penyakit yang dialami. Idealnya jika telah 3 hari berturut-turut mengalami demam, maka sebaiknya anda memeriksakan diri pada dokter dan jika diperlukan anda sudah dapat melakukan pemeriksaan penunjang laboratorium untuk mengetahui penyebab demam yang anda alami. Jika keluhan demam ini cukup mengganggu maka anda dapat mengkonsumsi obat penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen, dimana ibuprofen sendiri juga dapat mengurangi rasa pusing atau sakit kepala. Untuk konsumsi obat lain maka akan bergantung pada penyebab kondisi yang anda alami. Selain infeksi, kondisi yang bisa menyebabkan pusing yang anda alami juga bisa karena perubahan posisi kepala yang tiba-tiba dan bisa saja disebabkan karena vertigo, jika memang yang anda rasakan adalah pusing berputar.  

    Karena memang sulit mendiagnosa keluhan anda tanpa pemeriksaan langsung oleh dokter,maka saran saya sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh anda:

    • Olahraga yang cukup.
    • Istirahat yang cukup (minimal 4-8 jam per hari).
    • Penuhi asupan makanan dengan nutrisi yang tinggi, perbanyak konsumsi sayur dan buah. Makanlah secara teratur.
    • Tingkatkan konsumsi air putih.
    • Minum multivitamin untuk menambah daya tahan tubuh.

    Semoga jawaban ini membantu.

     

    dr. Aldy Valentino