Tanya Dokter

  • Sakit kepala disertai sakit ditelinga

  •  Kiki
    Anggota

    Assalamualaikum, pagi dok saya sering merasakan sakit kepala yang disertai rasa sakit ditelinga, dan itu datangnya slalu tiba-tiba,saya sudah kedokter spesialis dan saya didiaknosa menderita vertigo,beberapa bulan saya tidak merasakan sakit kepala itu lagi,akan tetapi akhir2 ini sakit yg seperti itu lg muncul,bahkan lebih hebat, mohon sarannya dok, dan kira-kira saya harus bagaimana?

    Hai, Vertigo merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasakan sensasi seperti berputar pada diri maupun lingkungannya. Gejala vertigo seringkali disertai dengan adanya gejala yang timbul pada telinga. Penderita vertigo umumnya mengeluhkan gejala seperti :

    1. sakit kepala, dirasakan seperti berputar
    2. kehilangan keseimbangan
    3. rasa penuh maupun berdenging pada telinga
    4. pendengaran menurun
    5. mual, muntah
    6. dan lainnya
    Vertigo terdiri dari 2 jenis secara garis besar, yaitu vertigo sentral dan perifer. Gejala pada vertigo sentral biasanya jauh lebih buruk dibandingkan dengan vertigo perifer. Oleh sebab itu, jika keluhan yang Anda alami datang kembali dan memburuk, sebaiknya kembali periksakan diri secara langsung ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk membantu menegakan diagnosis agar terapi yang sesuai dapat diberikan. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi gejala yang timbul :
    • gunakan penerangan yang baik saat bangun di malam hari
    • jika gejala timbul saat sedang berdiri, segera duduk
    • saat berbaring carilah posisi yang paling membuat Anda nyaman
    • berbaring dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh
    • bergerak perlahan-lahan saat bangun dari posisi berbaring
    Selengkapnya dapat Anda baca di : penanganan vertigo secara mandiri Diskusi keluhan serupa dengan pembahasan lengkap dapat Anda buka di : gejala vertigo   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari