Tanya Dokter

  • Solusi atasi sakit kepala hebat

  •  Yulinar Hamid
    Anggota
    Pagi dok. Sya perempuan umur 21 thun sya mau menanyakan tentang kondisi sya yg kemarin pagi merasakan sakit kepala yg sangat sakit sampai" untuk melihat pun terasa seperti di putar putar dn badan pun sakit semua dari ujung kepala smpai ujung kaki.. Lalu sya coba minum obat warung tapi tidak ada perubahan Akhirnya smlm sya berobat ke dokter dn di kasih obat pusing Alhamdulillah pusingnya udah berkurang tapi kepla depan dn belakang saya masih sakit dok sampai sampai kuping kiri dan kanan saya sakit juga . Penyakit ap yg saya alamai ya dok. Mohon penjelasannya Terima kasih .

    Halo Yulinar,

    Mengalami sakit kepala tidak jarang mengganggu penderitanya karena keluhan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit kepala dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi kesehatan yang tidak mungkin diketahui hanya berdasarkan keluhan Anda saja. Sakit kepala dibagi menjadi dua jenis, sakit kepala primer, yaitu sakit kepala yang tidak disebaban oleh penyakit atau kondisi lain, dan sakit kepala sekunder, yaitu sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit atau kondisi lain. Jenis sakit kepala primer yang sering terjadi misalnya sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, dan migrain. Di sisi lain, contoh sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh infeksi (misalnya meninngitis, sinusitis, flu, infeksi telinga), sakit kepala akibat cedera kepala, sakit kepala akibat perdarahan atau penyumbatan pembuluh darah otak, kanker otak, dan lainnya.

    Untuk mengetahui penyebabnya, selain mengetahui keluhan Anda, dokter perlu memeriksa Anda. Dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan darah, foto rontgen sinus, CT scan kepala, dan lainnya untuk menunjang diagnosis. Penanganan lebih lanjut tergantung pada hasil pemeriksaan ini. Anda dapat mengkonsumsi parasetamol untuk meredakan sakit kepala. Jika keluhan ini tidak membaik dalam 3 hari setelah mengkonsumsi obat dokter, silakan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter. 

    Silakan Anda lakukan anjuran berikut:

    • kenali pemicu sakit kepala Anda dan coba menghindarinya
    • kelola stres dengan baik, lakukan hal-hal yang menyenangkan dan membuat relaks Anda
    • coba terapkan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan masase
    • istirahat dengan cukup
    • hindari aktivitas fisik yang berlebihan, tetapi Anda dapat melakukan olahraga secara teratur
    • kurangi konsumsi kafein

    Semoga membantu.

    dr. Aloisia