Tanya Dokter

  • sakit kepala hingga bagian belakang

  •  nerissarviana
    Anggota
    selamat malam dok :) saya sering sekali mengalami pusing dan bisa berlanjut hingga berhari-hari. saat pusing terjadi saya merasa lemas, dibagian mata terasa berkedut-kedut dan sakit saat berkedip, mual dan sangat sakit dibagian leher. ditambah saya pernah mengalami kecelakaan jatuh dimotor beberapa bulan yg lalu saat itu tangan bagian kanan saya tidak bisa digerakan, saya cuma berobat ke pijat tradisional akhirnya tangan saya bisa digerakan namun semenjak kejadian kecelakaan bagian pundak saya hingga tangan masih terasa sakit saat disentuh, tidak bisa melakukan aktivitas yg berat dan sering tiba tiba terasa sakit dan nyut nyutan dan saat pusing saya muncul bagian pundak saya ikut terasa sakit. saya sudah mengkonsumsi obat namun terkadang tak kunjung sembuh. dulu beberapa tahun yang lalu saya pernah kedokter untuk pemeriksaan saya terkena spasmofilia grade 2 namun sakit kepala saya semakin hari semakin sering dan bertambah sakitnya namun untuk kejang saya sudah tidak mengalamin lagi. menurut dokter saya sakit apa ya? dan saya harus bagaimana? terimakasih dok

    Nerissa yang baik,

    pusing dan sakit kepala adalah 2 istilah yang berbeda. Pusing atau vertigo mengacu pada sensasi berputar yang dirasakan seseorang dimana sekelilingnya seolah bergerak mengitarinya. Sementara nyeri kepala sesuai dengan namanya merupakan rasa sakit di kepala. Pusing diakibatkan oleh gangguan alat keseimbangan baik yang terdapat dipusat yakni pada otak maupun di perifer. Gangguan alat keseimbangan bisa disebabkan oleh infeksi, kelelahan, stres psikis, namun pada kasus Anda, bisa saja disebabkan oleh riwayat trauma fisik pasca kecelakaan bermotor. Hal ini yang juga mungkin berkontribusi terhadap keluhan kejang atau kesulitan menggerakkan anggota tubuh tertentu. Mengenai sakit kepala, hal ini juga bisa merupakan gejala lanjutan dari trauma kepala saat kecelakaan, atau bisa juga disebabkan banyak hal lain seperti perubahan hormon, stres psikis, infeksi, kelelahan, maupun kondisi-kondisi yang jarang seperti tumor otak.

    Nyeri bisa dikurangi dengan penahan nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada. Namun demikian karena kompleksnya masalah yang Anda derita, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri secara langsung pada ahli saraf, karena dibutuhkan pemeriksaan tambahan untuk mendiagnosis keluhan Anda. Berikut kami lampirkan artikel mengenai sakit kepala. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief