Tanya Dokter

  • sakit kepala mencengkram

  • hallo dok, saya berumur 22 thn, saya sering sekali mengalami migrain, dan sering sakit kepala mencengkram seperti dijambak rambut d kepala bagian belakang, sakit kepala mencengkram ini disertai dengan demam tinggi, mual2 dan muntah2, telinga mendengung dan pandangan tampak berbayang, dan sampai skrg persendian tangan dan kaki saya terasa linu.

    2 thn yg lalu saya pun pernah terkena belspalsy alhamdulillah sembuh setelah mengikuti terapy selama 2 bln.

    saya ingin bertanya, apakah gejala2 yg saya alami itu termasuk gejala meningitis? mohon dijawab ya dok, trimakasih :)

    Hai,   Untuk mendiagnosa apakah keluhan Anda adalah gejala meningitis atau bukan maka pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan cairan otak akan diperlukan. Mendiagnosa meningitis hanya berdasarkan konsultasi semata sangatlah sulit untuk dilakukan. Adapun kemungkinan penyebab dari keluhan Anda adalah :

    1. Sakit kepala tegang
    2. Tumor otak
    3. Migraine
    4. Penyumbatan pada pembuluh darah di otak
    5. Meningitis
    6. Ensefalitis
    7. Glukoma
    8. Gegar otak
    9. Hidrosefalus
    10. Dll
    Untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya maka pemeriksaan fisik sangat diperlukan, selain itu beberapa pemeriksaan seperti CT SCAN, MRI dan tes darah atau tes cairan otak dengan melakukan pungsi lumbal juga akan diperlukan untuk memastikan penyebab keluhan Anda. Gejala sakit kepala yang hebat dan disertai adanya demam tinggi, kaku kuduk dan mual yang parah sangat memerlukan perhatian medis sesegera mungkin untuk menyingkirkan adanya kemungkinan meningitis. Dengan demikian jika ternyata keluhan tersebut adalah meningitis maka penanganan bisa diberikan sesegera mungkin sebelum timbul komplikasi yang tidak diinginkan.   Meningitis merupakan suatu kondisi dimana terjadi peradangan / infeksi akibat bakteri atau virus. Gejala meningitis yang sering dikeluhkan adalah :
    1. Sakit kepala hebat
    2. Demam tinggi
    3. Mual muntah
    4. Kaku kuduk
    5. Lemas
    6. Rasa mengantuk terus
    7. Kejang
    8. Dll
    Diagnosa meningitis bisa dilakukan dengan melakukan lumbal pungsi dan melihat kondisi cairan otak, selain itu pemeriksaan CT SCAN dan MRI mungkin bisa membantu pemastian diagnosa. Penanganan meningitis disesuaikan dengan kondisi. Jika akibat virus maka biasa pasien diistirahatkan sampai kondisi membaik. Jika perlu pemberian antivirus juga bisa dipertimbangkan. Sementara meningitis akibat bakteri memerlukan penanganan dengan antibiotik yang sesuai.   Semoga membantu.   Dr. Yusi