Tanya Dokter

  • Penyebab sakit kepala, mimisan dan tidak sadarkan diri

  • Selamat malam .. dok saya mau tanya . Sudah 2-3thn ini saya terus mengalami sakit kepala hebat dok, saya sering pingsan gara" sakit kepala yang saya alami kadang pengelihatan saya juga mulai tidak fokus dok, saya juga sering mengalami mimisan tiba" dok, kalo sakit kepala itu kumat kadang saya mimisan dok langsung gak sadar diri, sering kecapean padahal gak ngelakuin hal" berat, wajah juga pucet terus dok jadi kelihatan banget kalo lagi sakit, saya udah Konsul ke dokter sana sini tapi kata nya saya cuma kurang darah ajja dok , saya udah bolak balik rumah sakit minum obat tapi gak pernah ada hasil . Kira" penyakit saya apa ya dok kalo dari ciri" yang saya alami tadi terimakasih

    Hai Donitta,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Nyeri kepala dan mimisan yang sering berulang bisa disebabkan oleh kondisi yang sama ataupun berbeda. Jika terjadi secara bersamaan, maka kedua kondisi ini mungkin disebabkan oleh paparan panas berlebihan, cidera kepala, hipertensi (tekanan darah tinggi), sinusitis (radang rongga sinus), demam dengue (demam berdarah), atau tumor rongga hidung. Akan tetapi, di samping itu, nyeri kepala dan mimisan bisa juga terjadi karena sebab lain:

    • Kemungkinan penyebab nyeri kepala:
      • Nyeri kepala primer: migrain, nyeri kepala tegang, nyeri kepala cluster
      • Nyeri kepala sekunder: tumor otak, hiperkolesterolemia, gangguan refraksi mata (misalnya rabun jauh), anemia (hemoglobin darah rendah), infeksi virus atau bakteri (misalnya meningitis, tifus)
    • Kemungkinan penyebab mimisan (epistaksis):
      • Epistaksis anterior: cidera hidung (misalnya karena mengorek hidung terlalu keras, membuang ingus terlalu keras), paparan udara kering, efek samping obat (misalnya OAINS)
      • Epistaksis posterior: atherosklerosis, penyakit jantung dan pembuluh darah, serta lain sebagainya

    Perdarahan mimisan yang banyak dan berulang memang bisa menyebabkan kehilangan darah berlebihan yang bisa memicu anemia. Akibatnya, Anda akan lebih mudah merasa lemas, mudah lelah, berkeringat dingin, sulit fokus dan konsentrasi, mudah lupa, linglung, pandangan buram, pucat, dan bahkan sampai menyebabkan penurunan kesadaran.

    Maka dari itu, jika Anda sudah pernah memeriksakan diri ke dokter dan tidak kunjung ada perbaikan yang signifikan, sebaiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis penyakit dalam. Diagnosis yang tepat hanya bisa ditegakkan setelah dokter melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa pemeriksaan penunjang, misalnya laboratorium, rontgen, rekam jantung, dan sebagainya. Jadi, tidak cukup hanya berdasarkan konsultasi online seperti ini ya..

    Sebagai langkah awal, Anda sebaiknya lakukan langkah berikut:

    • Perbanyak istirahat, tidur yang cukup 6-8 jam sehari
    • Makan makanan yang bergizi, banyak mengandung vitamin K, zat besi, dan antioksidan lainnya
    • Perbanyak minum
    • Saat mimisan, tetap tenang, jangan panik, cari tempat yang sejuk dan nyaman, sumbat dan tekan hidung yang mimisan dengan jari dan lintingan kapas, tengadahkan kepala ke atas sambil menyenderkan badan dan bernapas melalui mulut

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah