Tanya Dokter

  • Sakit kepala pada penderita darah tinggi

  •  bfc000
    Anggota
    Selamat pagi dok. Saya ingin bertanya apakah normal bagi penderita darah tinggi mengalami sakit kepala hampir setiap hari padahal sudah minum obat secara rutin?

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Sakit kepala merupakan suatu keluhan yang banyak sekali ditemui di masyarakat. Sakit kepala ini berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi sakit kepala primer dan sekunder. Sakit kepala primer yang sering terjadi seperti:

    • Tension Headache atau dikenal dengan sakit kepala tegang
      • Penderita biasanya akan merasakan rasa nyeri pada daerah tengkuk dan biasanya kepala akan terasa seperti diikat
    • Migrain
      • Bisasanya penderita akan merasakan nyeri hanya pada salah satu sisi kepala saja
    • Cluster Headache
      • Dikenal juga dengan seasonal headache dimana penderitanya akan merasakan nyeri kepala ini berulang dengan suatu pola waktu tertentu.

    Ketiga jenis nyeri kepala tersebut dikatakan nyeri kepala primer karena tidak terkait dengan penyakit lainnya.

    Pada umumnya memang penyakit darah tinggi dapat menyebabkan nyeri kepala. Terutama bila tekanan darahnya tidak terkontrol dengan baik. Bila sudah meminum obat, biasanya nyeri kepala tersebut akan hilang seiring dengan terkontrolnya tekanan darah Anda. Namun bukan tidak mungkin bila nyeri kepala tersebut masih terjadi walaupun Anda sudah mengkonsumsi obat anti-hipertensi dengan baik.

    Pada beberapa pasien diperlukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin untuk melihat kemajuan pengobatan. Bila tekanan darah masih tinggi diatas 140/90 dan masih ada keluhan, mungkin memerlukan penyesuaian dosis atau penambahan obat darah tinggi hingga mencapai tekanan darah yang optimal. Maka dari itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk dilakukan pemeriksaan tekanan darah Anda dan mungkin bila dirasa perlu dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti CT-Scan untuk menunjang analisa penyebab keluhan Anda. Untuk sementara beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

    1. Istirahat yang cukup
    2. Manajemen stress yang baik
    3. Diet rendah garam
    4. Mandi air hangat
    5. Konsumsi obat pereda rasa nyeri kepala seperti asam mefenamat atau ibuprofen untuk membantu mengurangi gejala yang timbul

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati