Tanya Dokter

  • Sakit kepala pasca melahirkan

  •  Chacha Mine
    Anggota
    Kepala saya sering sakit pasca melahirkan, apakah itu pertanda bahwa sel drah putih bertambah melebihi batasnya?? Makasih....

    Hai Chacha,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Sel darah putih (leukosit) memiliki banyak peran dalam tubuh, di antaranya adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, memediasi reaksi alergi, dan sebagainya. Kelebihan sel darah putih bukanlah penyebab seseorang menjadi mudah sakit. Namun sebaliknya, sakitlah yang kerap menyebabkan sel darah putih menjadi meningkat.

    Beberapa jenis penyebab sakit kepala yang bisa menyebabkan peningkatan jumlah sel darah putih adalah infeksi (misalnya meningitis, ISPA, demam tifoid, infeksi saluran kemih), kelainan sumsum tulang belakang, kanker darah, dan sebagainya.

    Kondisi fisik ibu yang cenderung lemah, kelelahan saat menyusui, kurang tidur, dan stres saat mengurus bayi pasca melahirkan memang bisa menyebabkan daya tahan tubuh ibu menurun dan menjadi mudah mengalami sakit kepala. Kondisi ini bisa merupakan hal yang ringan atau juga berbahaya tergantung dari jenis sakitnya. Jadi, tidak bisa digeneralisasikan ya..

    Kami sarankan, jika Anda mengalami sakit kepala berat saat menyusui, sebaiknya Anda memeriksakannya langsung ke dokter sebelum memutuskan mengkonsumsi obat apapun. Karena, konsumsi obat yang tidak tepat saat menyusui bisa mempengaruhi kualitas ASI yang Anda berikan pada anak Anda.

    Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit kepala pasca melahirkan, sebaiknya jalani tips berikut:

    • Perbanyak istirahat 
    • Makan makanan bergizi secara teratur, jangan sampai terlambat makan
    • Sebisa mungkin, sempatkan untuk berolahraga
    • Berbagi peran dengan suami dan keluarga dalam mengurus sang buah hati agar Anda tidak kelelahan
    • Hindari rokok dan alkohol
    • Batasi menatap gadget terlalu lama

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah